PENGARUH METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X MAN 2 PATI MATERI IKATAN KIMIA


Mohammad Ahyar Lutfi, 4301409045 (2015) PENGARUH METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X MAN 2 PATI MATERI IKATAN KIMIA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4301409045-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pemilihan dan penggunaan metode yang tepat dalam menyajikan suatu materi dapat membantu siswa mengetahui serta memahami segala sesuatu yang disajikan guru. Model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) adalah model pembelajaran kooperatif yang mudah diterapkan, melibatkan aktivitas seluruh siswa tanpa harus membedakan status, mengandung unsur permainan dan reinforcement. Ikatan Kimia merupakan salah satu materi dalam pelajaran kimia SMA yang konsepnya dapat dikaitkan dengan kehidupan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar kimia antara siswa yang diberi metode TGT dan metode ceramah dan apabila ada perbedaan, hasil belajar mana yang lebih baik diantara keduanya. Berdasarkan analisis data populasi diproleh bahwa data populasi berdistribusi normal dan memiliki homogenitas sama, sehingga sampel dapat diambil dengan teknik cluster random sampling dan analisis selanjutnya dapat digunakan statistik parametrik. Sampel diperoleh kelas eksperimen X IPA 1 sebanyak 38 siswa dan kelas kontrol X IPA 2 sebanyak 36 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode dokumentasi, observasi, dan tes. Hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai post test kelas eksperimen 78,15 dan kelas kontrol 74,94. Hasil analisis nilai post test kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dan memiliki varians yang sama, sedangkan pada uji perbedaan dua rata-rata dua pihak thitung (1,49) > ttabel (- 1,993) yang berarti ada perbedaan yang signifikan. Pada uji Perbedaan dua Rata- Rata Satu Pihak Kiri thitung (1,49) > ttabel (-1,993) yang berarti peningkatan belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar kimia antara siswa yang diberi metode TGT dengan metode ceramah dan hasil belajar kimia siswa yang diberi metode TGT lebih baik daripada hasil belajar kimia siswa yang diberi metode Ceramah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning, Hasil belajar kimia, Teams Games Tournament
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 11 Nov 2015 09:37
Last Modified: 11 Nov 2015 09:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20981

Actions (login required)

View Item View Item