PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF LEARNING STARTS WITH A QUESTION BERBANTUAN MODUL UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN MENGEMBANGKAN KEAKTIFAN SISWA


Dwi Pangestuti , 4201411086 (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF LEARNING STARTS WITH A QUESTION BERBANTUAN MODUL UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN MENGEMBANGKAN KEAKTIFAN SISWA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4201411086-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu penyebab rendahnya penguasaan konsep siswa adalah proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru (teacher center) sehingga siswa tidak terlibat aktif dalam pembelajaran. Model pembelajaran saat ini meyakini bahwa anak akan belajar lebih baik jika mereka ikut aktif dalam proses pembelajaran. Penguasaan konsep dan keaktifan siswa yang rendah terjadi pada banyak mata pelajaran, termasuk fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa metode pembelajaran Learning Starts With A Question berbantuan modul dapat meningkatkan penguasaan konsep dan mengembangkan keaktifan siswa kelas VII SMP Negeri 30 Semarang tahun ajaran 2015. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian eksperimental dengan control group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMPN 30 Semarang tahun ajaran 2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, diperoleh VII C sebagai kelompok kontrol dan VIID sebagai kelompok eksperimen. Peningkatan penguasaan konsep diketahui dari nilai rata-rata pretes dan posttest siswa, sedangkan pengembangan keaktifan siswa diketahui dari skor rata-rata lembar observasi keaktifan siswa yang dinilai saat pembelajaran berlangsung. Uji yang digunakan untuk mengetahui adanya peningkatan penguasaan konsep siswa adalah uji gain. Analisis uji gain menunjukkan adanya peningkatan penguasaan konsep siswa sebesar 0,63 dengan kategori sedang. Untuk mengetahui keefektifan penerapan metode Learning Starts With A Question digunakan uji t satu pihak. Analisis uji t menunjukkan thitung sebesar 3,83, sedangkan ttabel sebesar 1,67. Karena thitung > ttabel berarti Ho ditolak, yang berarti rata-rata penguasaan konsep kelompok eksperimen lebih baik dari pada kelompok kontrol. Dalam menguji keaktifan siswa dilakukan analisis presentase dengan nilai rata-rata klasikal 78,06% yang menunjukkan keaktifan siswa kelas eksperimen dalam kategori sangat baik dan uji t satu pihak dengan thitung sebesar 9,21, sedangkan ttabel sebesar 1,67. Karena thitung > ttabel berarti Ho ditolak yang berarti rata-rata keaktifan siswa kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Berdasarkan analisis dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Learning Starts With A Question berbantuan modul dapat meningkatkan penguasaan konsep dan mengembangkan keaktifan siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Learning Starts With A Question, Penguasaan Konsep, Keaktifan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LT Textbooks
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 11 Nov 2015 09:28
Last Modified: 11 Nov 2015 09:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20979

Actions (login required)

View Item View Item