KEEFEKTIFAN MODEL TGT DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP KELAS VIII PADA MATERI LINGKARAN


Singgih Baswendro, 4101411174 (2015) KEEFEKTIFAN MODEL TGT DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP KELAS VIII PADA MATERI LINGKARAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4101411174-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Salah satu kemampuan yang ingin dicapai dalam pembelajaran matematika di sekolah-sekolah adalah kemampuan pemecahan masalah. Upaya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah di antaranya adalah dengan penggunaan model pembelajaran yang tepat. Salah satu model pembelajaran tersebut adalah model pembelajaran Teams Games Tournamenti (TGT). Dalam penelitian ini, penggunaan model pembelajaran TGT dengan pendekatan scientific berbantuan CD pembelajaran merupakan terobosan baru sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) apakah hasil kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII pada materi lingkaran dengan menggunakan model pembelajaran TGT dengan pendekatan scientific berbantuan CD pembelajaran mencapai KKM? dan (2) apakah rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa dengan penerapan model pembelajaran TGT dengan pendekatan scientific berbantuan CD pembelajaran lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah siswa pada kelas kontrol yang menggunakan model ekspositori? Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Ungaran tahun ajaran 2014/2015. Sedangkan sampelnya adalah kelas VIII F sebagai kelas eksperimen, kelas VIII E sebagai kelas kontrol, dan kelas VIII G sebagai kelas uji coba. Adapun pengambilan sampel tersebut menggunakan teknik cluster random sampling. Kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran TGT sedangkan kelas kontrol diterapkan model konvensional. Metoode pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan tes. Variabel bebas dari penelitian ini adalah model pembelajaran, variabel terikatnya adalah kemampuan pemecahan masalah siswa, sedangkan variabel kontrolnya adalah jenjang kelas, materi pembelajaran, dan tes kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang menggunakan model TGT dengan pendekatan scientific berbantuan CD pembelajaran mencapai KKM. Hal ini ditandai dengan presentase siswa yang mencapai KKM mencapai 93%. Selain itu, rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan pembelajaran tersebut juga lebih tinggi daripada dengan menggunakan model konvensional. Adapun rata-rata kelas eksperimen adalah 85,35, sedangkan kelas kontrol adalah 70,72. Peneliti menyarankan agar guru hendaknya memberikan keleluasan bagi siswa untuk menemukan konsep baru melalui kegiatan diskusi kelompok dan juga mempersiapkan media pembelajaran serta mengelola kelas dengan baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: TGT, pendekatan scientific, CD Pembelajaran, kemampuanpemecahan masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 11 Nov 2015 09:12
Last Modified: 11 Nov 2015 09:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20976

Actions (login required)

View Item View Item