KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CPS DENGAN STRATEGI TS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS-VII MATERI SEGIEMPAT


Hermi Yunita, 4101410096 (2015) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CPS DENGAN STRATEGI TS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS-VII MATERI SEGIEMPAT. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4101410096-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran di SMP Kesatrian 2 Semarang yang bersifat teacher oriented menjadikan peserta didik tidak dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritisnya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan inovasi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Model pembelajaran CPS dengan strategi TS merupakan model pembelajaran yang bersifat mengaktifkan peserta didik dalam proses pembelajaran sehingga dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritisnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran CPS dengan strategi TS terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII SMP Kesatrian 2 Semarang pada materi segiempat. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Kesatrian 2 Semarang tahun ajaran 2013/2014. Dengan teknik cluster random sampling, terpilih kelas VII B sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional dan kelas VII E sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran CPS dengan strategi TS. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, observasi, dan tes. Data hasil tes kemampuan berpikir kritis dianalisis menggunakan uji proporsi pihak kanan dan uji kesamaan dua rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas eksperimen mencapai KKM; (2) kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas eksperimen lebih baik dari kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas kontrol; dan (3) model pembelajaran CPS dengan strategi TS efektif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas eksperimen pada materi segiempat. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CPS dengan strategi TS efektif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII pada materi segiempat. Disarankan bahwa model pembelajaran CPS dengan strategi TS dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran matematika khususnya dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Bagi peneliti lain yang tertarik pada penelitian ini, disarankan untuk melakukan penelitian lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, kemampuan berpikir kritis, CPS, TS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 11 Nov 2015 09:07
Last Modified: 11 Nov 2015 09:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20975

Actions (login required)

View Item View Item