KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL MISSOURI MATHEMATICS PROJECT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN PROSEDURAL SISWA KELAS-X


Fitrotus Sholihah , 4101410079 (2015) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL MISSOURI MATHEMATICS PROJECT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN PROSEDURAL SISWA KELAS-X. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4101410079-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Karakteristik utama matematika adalah memiliki objek kajian yang abstrak dan banyaknya penggunaan simbol. Oleh karena itu diperlukan kemampuan pemahaman konseptual dan prosedural dalam belajar objek kajian yang abstrak dan simbol-simbol. Maka diperlukan model pembelajaran yang efektif, salah satunya adalah model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Melalui pembelajaran tersebut, diharapkan kemampuan pemahaman konseptual dan prosedural siswa dapat meningkat. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar aspek kemampuan pemahaman konseptual dan prosedural siswa pada materi trigonometri dengan model pembelajaran Missouri Mathematics Project dapat mencapai KKM secara klasikal yang telah ditetapkan sekolah, serta apakah kemampuan pemahaman konseptual dan prosedural siswa pada model pembelajaran Missouri Mathematics Project lebih baik dari kemampuan pemahaman konseptual dan prosedural siswa pada model pembelajaran Direct Instruction. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Pelayaran Wira Samudera Semarang tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 98 siswa yang terbagi dalam empat kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil secara simple random sampling dan terpilih dua kelas sebagai sampel, yaitu kelompok eksperimen menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project dan kelompok kontrol menggunakan model pembelajaran Direct Instruction. Data penelitian diperoleh dengan metode tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan pemahaman konseptual dan prosedural siswa kelompok eksperimen sebesar 84 dan kelompok kontrol sebesar 67. Dari hasil uji perbedaan dua rata-rata menggunakan t-test dengan α= 5%, diperoleh thitung = 7,41 > ttabel = 1,68, sehingga Ha: m1 > m2 diterima. Hal tersebut berarti rata-rata posttest kelompok eksperimen lebih tinggi daripada rata-rata posttest pada kelompok kontrol. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran MMP efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konseptual dan prosedural siswa kelas X pada materi trigonometri. Salah satu saran yang dapat direkomendasikan peneliti adalah guru dapat menggunakan model Missouri Mathematics Project sebagai salah satu alternatif model pembelajaran matematika untuk melatih kemampuan pemahaman konseptual dan prosedural siswa pada materi trigonometri.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Missouri Mathematics Project; keefektifan; kemampua pemahaman konseptual dan prosedural
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 11 Nov 2015 09:02
Last Modified: 11 Nov 2015 09:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20974

Actions (login required)

View Item View Item