PENINGKATAN KARAKTER DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) PADA MATERI SEGI EMPAT KELAS VII


Nurul Fatkhi Arfiasih, 4101410064 (2015) PENINGKATAN KARAKTER DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) PADA MATERI SEGI EMPAT KELAS VII. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4101410064-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Pendidikan berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Permasalahannya bagaimana meningkatkan karakter peserta didik selama pembelajaran berlangsung dan bagaimana meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik. Salah satu upayanya adalah dengan menerapakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR). Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan peningkatan karakter tanggung jawab peserta didik melalui pembelajaran dengan model AIR pada materi pokok segi empat kelas VII SMP N 3 Sukorejo, (2) Mengetahui peningkatan karakter tanggung jawab peserta didik yang diajar dengan pembelajaran model AIR pada materi pokok luas dan keliling segi empat kelas VII. (3) Mendeskripsikan peningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik melalui pembelajaran dengan model AIR pada materi pokok segi empat kelas VII, (4) Mengetahui peningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik yang diajar dengan pembelajaran model AIR pada materi pokok luas dan keliling segi empat kelas VII. (5) Mengetahui ketuntasan kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang diajar dengan model AIR pada materi pokok segi empat. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Situasi sosial dipilih satu kelas yaitu kelas VIIB SMP Negeri 3 Sukorejo. Subjek penelitian menggunakan teknik non probabilitas berdasarkan tes awal kemampuan pemecahan masalah. Hasil tes awal dirangking kemudian dipilih lima peserta didik dari kelompok atas, kelompok tengah dan kelompok bawah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelima subjek penelitian menunjukkan peningkatan perilaku pada indikator-indikator tanggung jawab. Berdasarkan perhitungan dan analisis gain skor keterampilan pemecahan masalah diperoleh data kelima subjek penelitian menunjukkan peningkatan pada keterampilan pemecahan masalah. Kemampuan pemecahan masalah kelima subjek penelitian ditunjukkan dari tes kemampuan pemecahan masalah. Hasil menunjukkan kelima subjek penelitian mencapai ketuntasan individual dan ketuntasan klasikal kelas penelitian mencapai 86,95%. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran AIR dapat membentuk karakter tanggung jawab dan keterampilan pemecahan masalah peserta didik serta kemampuan pemecahan masalah peserta didik dapat mencapai KKM yang ditentukan. Diharapkan dengan hasil penelitian ini, bisa menjadi masukan bagi guru maupun sekolah agar dapat melaksanakan pembelajaran yang memfasilitasi peserta didik sehingga karakter tanggung jawab dan pemecahan masalah dapat terbentuk. Salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Karakter; Pemecahan Masalah; model pembelajaran AIR
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 11 Nov 2015 08:54
Last Modified: 11 Nov 2015 08:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20973

Actions (login required)

View Item View Item