IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH ALIYAH NURUL HIKMAH KECAMATAN KALIBENING, KABUPATEN BANJARNEGARA


Felik Kohirin, 3401411177 (2015) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH ALIYAH NURUL HIKMAH KECAMATAN KALIBENING, KABUPATEN BANJARNEGARA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3401411177-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Globalisasi yang berdampak pada perubahan-perubahan sosial secara perlahan menyebabkan kemerosotan moral dan budi pekerti generasi muda. Padahal menurut The Founding Father, bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang besar apabila manusianya berkarakter. Banyak generasi muda berpotensi namun kurang mendapatkan sarana yang tepat untuk beraktualisasi, sehingga muncul masalah-masalah sosial di kalangan generasi muda. Hal ini memunculkan pemikiran pada Ketua Yayasan Nurul Hikmah untuk mendirikan sebuah madrasah yaitu Madrasah Aliyah Nurul Hikmah (MANH) Kalibening, dengan visi dan misi yang menuju ke arah pembangunan karakter siswa. Untuk mencapai visi dan misi tersebut, salah satu cara yang dilakukan adalah dengan mengadakan program-program kegiatan khusus yang harus diikuti oleh peserta didik, ini juga dimaksudkan untuk membekali keterampilan khusus kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengethui bagaimana implementasi nilai-nilai pendidikan karakter di MANH (2) untuk mengetahui bagaimana respon warga sekolah terhadap proses implementasi nilai-nilai pendidikan karakter di MANH dan (3) untuk mengetahu bagaimana kendala dalam proses implementasi nilai-nilai pendidikan karakter di MANH. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di MANH Kecamatan Kalibening, Kabupaten Banjarnegara. Informan dalam penelitian ini yaitu ketua yayasan Nurul Hikmah, kepala madrasah, guru, siswa, dan masyarakat sekitar. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi data berupa triangulasi sumber. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Implementasi nilai-nilai pendidikan karakter di MANH dilakukan dengan mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan karakter ke dalam program-program kegiatan khusus yang diadakan. Nilai-nilai pendidikan karakter yang dimunculkan adalah kejujuran, cerdas, hidup sehat dan bersih, peduli, kreatif, rasa gotong royong, kerja keras, ikhlas dan tanggung jawab. (2) Umumnya warga sekolah merespon positif dan mendukung adanya program implementasi nilai-nilai pendidikan karakter kepada peserta didik melalui kegiatan-kegiatan khusus, namun mereka juga menuntut perbaikan agar lebih maksimal. (3) kendala dalam proses implementasi nilai-nilai pendidikan karakter adalah, ketidakseimbangan antara jumlah personil yang terbatas dengan jumlah kegiatan yang cukup banyak, vii kuota asrama bagi siswa yang terbatas, dan pengendalian pelanggaran yang kurang maksimal, dan kurangnya sarana dan prasarana. Saran dari penelitian ini adalah (1) Bagi sekolah: perlu dilakukan penyesuaian antara program-program kegiatan khusus dengan jumlah personil yang ada agar proses implementasi nilai-nilai pendidikan karakter dapat dilakukan secara maksimal. (2) Bagi masyarakat ciptakanlah kondisi lingkungan yang harmonis dengan cara saling mengharagai antar sesama anggota masyarakat, hal ini sebagai bentuk paritipasi dalam upaya mengajarkan hal-hal positif kepada generasi muda.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Madrasah Aliyah Nurul Hikmah, Nilai, Pendidikan Karakter
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
H Social Sciences > HM Sociology
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 08:48
Last Modified: 11 Nov 2015 08:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20971

Actions (login required)

View Item View Item