KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMA


Arif Hidayat, 4101409081 (2015) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4101409081-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Dimensi tiga merupakan salah satu materi yang membutuhkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Berdasarkan wawancara dengan salah satu guru mata pelajaran matematika SMA Negeri 4 Pekalongan, diperoleh hasil bahwa siswa kurang antusias dalam mempelajari dan mengerjakan soal-soal materi dimensi tiga. Selain itu, persentase siswa yang memenuhi KKM masih rendah, dari 36 siswa, hanya 21 atau sekitar 58,34% siswa yang memenuhi KKM sebesar 74. Pembelajaran ekspositori yang digunakan guru dirasa kurang sesuai dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Berdasarkan hal tersebut, perlu adanya model pembelajaran alternatif yang bisa menunjang kegiatan pembelajaran dalam rangka meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) apakah rata- rata nilai kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memperoleh materi dengan model pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan scientific memenuhi KKM dan persentase ketuntasan siswa memenuhi ketuntasan belajar klasikal; (2) apakah rata-rata nilai kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memperoleh materi dengan model pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan scientific lebih baik daripada siswa yang memperoleh materi dengan model pembelajaran ekspositori. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 171 siswa, dengan teknik cluster random sampling dipilih sampel yaitu siswa kelas X- 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-5 sebagai kelas kontrol. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan scientific dan variabel terikat yaitu kemampuan berpikir kreatif matematis. Hasil penelitian menunjukkan: (1) sebanyak 31 dari 35 siswa (89%) tuntas dari KKM yang ditentukan dengan rata-rata nilai 82,54; dan (2) rata-rata nilai kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas eksperimen (82,54) lebih baik daripada rata-rata nilai kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas kontrol (60,55). Simpulan yang diperoleh: (1) rata-rata nilai kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memperoleh materi dengan model pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan scientific memenuhi KKM dan persentase ketuntasan siswa memenuhi ketuntasan belajar klasikal; dan (2) rata-rata nilai kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memperoleh materi dengan model pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan scientific lebih baik daripada siswa yang memperoleh materi dengan model pembelajaran ekspositori.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, Pembelajaran Berbasis Proyek, Pendekatan Scientific, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 11 Nov 2015 08:48
Last Modified: 11 Nov 2015 08:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20970

Actions (login required)

View Item View Item