FORUM JUAL-BELI UNNES SEBAGAI MEDIA MENUMBUHKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA UNNES


ADITYA PAMBUDI , 3401411170 (2015) FORUM JUAL-BELI UNNES SEBAGAI MEDIA MENUMBUHKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA UNNES. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3401411170-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (993kB) | Preview

Abstract

Forum Jual-Beli UNNES merupakan forum jual beli yang didirikan pada jejaring sosial facebook, meskipun menggunakan kata “UNNES”, Forum JualBeli UNNES tidak berkaitan dengan lembaga UNNES. Komunitas mahasiswa yang cukup luas dapat dimanfaatkan untuk kegiatan ekonomi pada mahasiswa dengan membentuk forum jual beli antar mahasiswa UNNES. Padahal umumnya mahasiswa memanfaatkan forum-forum di jejaring sosial hanya sebagai forum komunitas sosal tertentu, seperti komunitas mahasiswa sedaerah, namun mahasiswa UNNES memanfaatkan forum di jejaring sosial facebook untuk keperluan ekonomi di bidang jual beli. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : (1) bagaimana alasan mahasiswa UNNES berjualan di forum Jual-Beli UNNES?, (2) bagaimana strategi mahasiswa UNNES dalam berpromosi di Forum Jual-Beli UNNES?, (3) bagaimana peran Forum Jual-Beli UNNES dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada mahasiswa UNNES?. Tujuan penelitian: (1) untuk mengetahui alasan mahasiswa berjualan di Forum Jual-Beli UNNES, (2) untuk mengetahui strategi mahasiswa dalam berwirausaha di Forum Jual-Beli UNNES, (3) untuk mengetahui peran Forum Jual-Beli UNNES dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada mahasiswa UNNES. Metode penelitian yang digunakan berupa metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian yaitu Forum Jual-Beli UNNES di jejaring sosial Facebook. Informan utama adalah mahasiswa UNNES pelaku wirausaha di Forum Jual-Beli UNNES. Informan pendukung penelitian adalah mahasiswa anggota dari Forum Jual-Beli UNNES yang merupakan sahabat informan utama. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Validitas data dengan teknik triangulasi data. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan penelitian ini diketahui bahwa: (1) alasan mahasiswa UNNES memilih Forum Jual-Beli UNNES sebagai media dalam menjalankan wirausaha antara lain adalah: (a) penamaan forum yang menggunakan kata “UNNES”, (b) memanfaatkan jaringan sosial di Forum Jual-Beli UNNES sesama mahasiswa UNNES, (c) jarak antara penjual dan pembeli berdekatan, (d), untuk menghemat biaya pemasaran, (e), untuk mendapatkan jaringan reseller. (f), sebagai media untuk mempererat hubungan sosal sesama mahasiswa UNNES., (2) strategi mahasiswa dalam menjalankan wirausaha di Forum Jual-Beli UNNES yaitu : (a) memperbanyak postingan promosi, (b) mengomentari dan menyukai pada ix postingan sendiri, (c) menyuruh teman untuk pura-pura menawar., (3) peran Forum Jual-Beli UNNES sebagai media forum jual beli antar mahasiswa UNNES adalah: (a) Forum Jual-Beli UNNES memberikan fasilitas media berwirausaha mahasiswa (b) Forum Jual-Beli UNNES memberikan peluang mahasiswa untuk mendapatkan konsumen. Saran penelitian: (1) mahasiswa pelaku wirausaha perlu meningkatkan kompetensi berupa layanan secara kompetitif dalam berwirausaha, sehingga dapat bersaing dengan para pedagang luar UNNES yang bergabung di Forum Jual-Beli UNNES, (2) mahasiswa pelaku wirausaha di Forum Jual-Beli UNNES agar dapat menambah wawasan ilmu tentang kewirausahaan secara mendalam untuk memperlancar wirausahanya seperti melalui seminar dan bimbingan pelatihanpelatihan khusus.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Forum Jual-Beli UNNES, Jiwa Wirausaha Mahasiswa.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
H Social Sciences > HM Sociology
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 08:36
Last Modified: 11 Nov 2015 08:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20963

Actions (login required)

View Item View Item