PENGEMBANGAN ASESMEN AUTENTIK BERBASIS INKUIRI PADA MATERI KLASIFIKASI BENDA


Setya Triamijaya, 4001410057 (2015) PENGEMBANGAN ASESMEN AUTENTIK BERBASIS INKUIRI PADA MATERI KLASIFIKASI BENDA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4001410057-s.PDF]
Preview
PDF - Published Version
Download (8MB) | Preview

Abstract

Asesmen autentik pembelajaran IPA kurikulum 2013 mencakup penilaian baik dalam proses maupun sebagai hasil proses pembelajaran yang meliputi penilaian aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Berdasarkan hasil wawancara awal tentang hasil belajar dengan guru IPA di SMP Kristen 1 Blora dalam pembelajaran IPA masih mengalami kendala, bahwa penilaian yang dilakukan oleh guru masih mengacu pada penilaian tugas akhir yang diperoleh siswa untuk ranah kognitif dan belum mengembangkan penilaian yang dilakukan secara komprehensif untuk menilai mulai dari masukan (input), proses dan keluaran (output. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui kelayakan asesmen autentik berbasis inkuiri pada materi klasifikasi benda serta profil hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Tahap penelitian ini dibagi menjadi tiga kelompok yaitu skala kecil, skala besar dan uji produk. Berdasarkan hasil validasi dari pakar asesmen memperoleh presentase sebesar 89,13% dan untuk bahasa memperoleh presentase sebesar 90,10% dengan kriteria sangat layak. Hasil angket tanggapan siswa dan guru pada uji coba produk yang memperoleh skor presentase sebesar 82,7% dan 90% dengan kriteria sangat layak. Hasil validasi pakar, tanggapan guru IPA dan tanggapan siswa maka asesmen autentik berbasis inkuiri dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran IPA. Berdasarkan hasil analisis ketuntasan klasikal lebih dari 85% siswa telah mencapai ketuntasan belajar pada aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Asesmen autentik, Inkuiri, Profil Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 11 Nov 2015 08:36
Last Modified: 11 Nov 2015 08:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20962

Actions (login required)

View Item View Item