EFEKTIVITAS METODE STAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGUASAAN POLA KALIMAT BAHASA JEPANG KELAS XI DI SMA NEGERI 1 SIGALUH-BANJARNEGARA


Ria Astuti, 2302911001 (2015) EFEKTIVITAS METODE STAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGUASAAN POLA KALIMAT BAHASA JEPANG KELAS XI DI SMA NEGERI 1 SIGALUH-BANJARNEGARA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2302911001-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Bahasa Jepang merupakan salah satu bahasa asing yang dipelajari Sekolah Menengah Atas (SMA) di Indonesia saat ini. Materi yang diajarkan di SMA masih bersifat dasar yaitu mengenai diri sendiri, lingkungan rumah dan lingkungan sekolah. Untuk menunjang pembelajar menguasai kompetensi dasar yaitu berupa berbicara, membaca, mendengar dan menulis maka siswa harus menguasai aspek-aspek dasar bahasa Jepang seperti pola kalimat, kosakata dan huruf. Saat pembelajar bahasa Jepang belajar mengenai pola kalimat, kosakata dan huruf, kerap kali pembelajar menemui beberapa masalah. Sebab, para pembelajar masih terpengaruh oleh bahasa ibu mereka yaitu bahasa Indonesia. Masalah pertama yang timbul dalam belajar pola kalimat bahasa Jepang misalnya mengenai partikel karena dalam bahasa Indonesia sendiri tidak mengenal adanya partikel. Sehingga para pembelajar masih kesulitan dalam menerapkan partikel pada pola kalimat. Masalah yang kedua adalah mengenai pola kalimat seringkali pembelajar terbalik dalam memposisikan subjek, predikat dan objek. Kemudian sulitnya menghafal huruf sebab bentuk huruf yang digunakan di Jepang berbeda sekali dengan huruf romawi. Masalah-masalah yang timbul dalam pembelajaran bahasa Jepang tersebut terjadi pula pada pembelajar bahasa Jepang di SMA 1 Sigaluh- Banjarnegara. Terlebih lagi metode yang selama ini digunakan saat proses belajar mengajar di kelas kurang efektif karena tidak merangsang siswa menjadi aktif. Saat menemui kesuitan dalam pembelajaran, siswa masih saja enggan bertanya saat menghadapi kesulitan karena merasa malu. Sehingga diperlukan metode lain yang tepat agar siswa aktif dan tidak malu untuk bertanya saat mengalami kesulitan dalam pembelajaran bahasa Jepang di kelas. Oleh karena itu penulis memilih pembelajaran kooperatif dengan metode Student Teams-Achievment Dividions (STAD) untuk diujicobakan di SMA Negeri 1 Sigaluh- Banjarnegara karena metode tersebut merangsang siswa lebih aktif serta pembelajaran lebih menyenangkan. Dengan menggunkan metode ini, siswa yang kesulitan dalam pemahaman pola kalimat dan malu untuk bertanya kepada guru, dapat dibantu temannya yang sudah mengerti dan paham. Kelebihan metode STAD dari metode-metode yang lain adalah teknik ini lebih sederhana dan merupakan model paling baik untuk permulaan bagi guru yang baru melakukan pembelajaran kooperatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan Teknik STAD dalam meningkatkan penguasaan pola kalimat pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sigaluh serta untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan teknik STAD.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: efektivitas, STAD, pola kalimat
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: sumarsono mahasiswa unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 08:34
Last Modified: 11 Nov 2015 08:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20961

Actions (login required)

View Item View Item