MODAL SOSIAL PADA MULTI LEVEL MARKETING TUPPERWARE DI KOTA SEMARANG


Kartika Adie Pratiwi , 3401411168 (2015) MODAL SOSIAL PADA MULTI LEVEL MARKETING TUPPERWARE DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3401411168-S.pdf]
Preview
PDF - Accepted Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tupperware adalah salah satu produk yang menggunakan metode pemasaran MLM dengan merek dagang yang telah mendunia dan memiliki reputasi sebagai produsen peralatan rumah tangga yang eksklusif dan berharga mahal. Tupperware telah banyak dikenal dalam lingkungan masyarakat perkotaan, salah satunya yaitu di Kota Semarang. Dalam usaha marketing MLM Tupperware ini dibutuhkan mekanisme yang melibatkan banyak orang dengan tujuan untuk memperluas jaringan bisnis. Dengan semakin luasnya jaringan yang mereka bentuk maka akan semakin menambah keuntungan bagi marketing mereka. Sistem jaringan bisnis dalam Tupperware sangat mengandalkan adanya hubungan sosial antara masyarakat konsumsi dalam komunitas MLM Tupperware. Tujuan penelitian ini: 1) mengetahui seluk-beluk bisnis Tupperware di Kota Semarang. 2) mengetahui modal sosial dalam masyarakat MLM Tupperware. 3) mengetahui kendala yang dihadapi dalam menjaga modal sosial untuk kelangsungan bisnis MLM Tupperware. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian ini adalah dikantor Tupperware PT. Kalyana Bentang Sentosa Semarang. Sumber data penelitian ini diperoleh melalui sumber data primer dan sekunder. Data primer diperoleh secara langsung melalui pengamatan dan wawancara dengan subjek penelitian, informan utama serta informan pendukung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dengan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Subjek penelitian ini adalah masyarakat konsumsi Tupperware yang bergabung dalam PT. Kalyana Bentang Sentosa di Semarang. Informan utama adalah pihak upline yaitu group manager dan manager, informan pendukung adalah pihak downline yaitu consultant dan team captain. Konsep yang digunakan untuk menganalisis permasalahan ini adalah konsep Modal Sosial oleh Putnam (dalam Lubis, 2001). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Salah satu cabang Tupperware yang berada di Semarang adalah PT. Kalyana Bentang Sentosa yang dimiliki oleh Ibu Sri Rochmayuni. 2) Modal Sosial yang terbangun dalam member Tupperware meliputi tiga hal yaitu, jaringan, norma, kepercayaan. 3) Terdapat dua kendala yang dihadapi dalam menjaga modal sosial untuk kelangsungan bisnis MLM Tupperware, yaitu pengingkaran terhadap kesepakatan dan munculnya persyaratan-persyaratan yang tidak lazim. ix ix Kesimpulan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Salah satu cabang Tupperware yang berada di Semarang adalah PT. Kalyana Bentang Sentosa yang milik oleh Ibu Sri Rochmayuni. 2) Modal Sosial yang terbangun dalam member Tupperware meliputi tiga hal yaitu, jaringan, norma, kepercayaan. 3) Terdapat dua kendala yang dihadapi dalam menjaga modal sosial untuk kelangsungan bisnis MLM Tupperware, yaitu pengingkaran terhadap kesepakatan dan munculnya persyaratanpersyaratan yang tidak lazim. Saran penelitian bagi anggota member Tupperware: untuk mempererat modal sosial yang berkaitan langsung dengan keuntungan ekonomi yang tinggi, maka masing-masing upline mengintensifkan komunikasi baik dalam kegiatan-kegiatan yang sudah diprogramkan oleh distributor maupun komunikasi secara personal yang lebih baik lagi. Hal ini untuk mencegah sekaligus mengatasi potensi berpindahnya downline kepada upline lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Modal Sosial, Multi Level Marketing, Tupperware
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
H Social Sciences > HM Sociology
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 08:29
Last Modified: 11 Nov 2015 08:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20959

Actions (login required)

View Item View Item