STRATEGI ADAPTASI SISWA PEREMPUAN DI JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN (TKR) (Studi Kasus SMK NEGERI 04 KENDAL)


RAHMATUN NISA, 3401411131 (2015) STRATEGI ADAPTASI SISWA PEREMPUAN DI JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN (TKR) (Studi Kasus SMK NEGERI 04 KENDAL). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3401411131-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Laki-laki dan perempuan memunyai kontruksi sosial yang berbeda di masyarakat. Kontruksi sosial yang terjadi di masyarakat dimulai sejak bayi yang membedakan antara laki-laki dan perempuan, baik secara emosi dan fisik. Sosialisasi yang sudah mapan dan lama ini yang membuat sulit masyarakat untuk membedakan antara kodrat dan kontruksi sosial di masyarakat. Sekolah disebut sebagai agen sosialisasi yang penting. Sekolah dengan lingkungan belajar yang baik akan memciptakan pengalaman baru yang mengubah sikap dan cara pandang yang positif. SMK Negeri 04 Kendal yang memunyai enam Jurusan, salah satu Jurusan di SMK Negeri 04 Kendal adalah TKR Jumlah siswa perempuan yang minoritas ini akan menjawab kontruksi sosial yang ada di masyarakat. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui strategi adaptasi yang dilakukan siswa perempuan perempuan di Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) di SMK Negeri 04 Kendal. Tujuan tersebuat dijawab dengan tiga pertanyaan 1) alasan siswa perempuan dalam pengambilan Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR), 2) hambatan yang dialami siswa perempuan, 3) strategi adaptasi siswa perempuan di Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK Negeri 04 Kendal. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif. Lokasi penelitian di SMK Negeri 04 Kendal, dilandasi dengan adanya pertimbangan bahwa instansi pendidikan tersebut memunyai beberapa siswa perempuan di Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) yang belum tentu ada siswa perempuan di SMK lain dengan ketentuan Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR).Subyek penelitian ini adalah siswa perempuan yang mengambil Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR). Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kesiswaan, dan guru Jurusan TKR. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah teknik triangulasi data. Teknik analisis data mencakup empat hal, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) keputusan dalam pengambilan Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) ini, siswa perempuan membicarakan dengan orang tua yang kemudian diperbolehkan oleh orang tuanya, 2) hambatan yang dialami siswa perempuan di lingkungan sekolah berupa kesulitan dalam memahami teori dan praktik di bengkel, dan di luar sekolah (masyarakat) berupa anggapan negatif masyarakat tentang perempuan yang mengambil Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR), 3) strategi yang dilakukan siswa perempuan, yaitu dengan menggunakan strategi adaptasi aktif dan strategi adaptasi pasif. Simpulan dari penelitian ini berikut, 1) siswa perempuan mendapatkan dukungan dari kedua orang tuanya. 2) hambatan yang dialami siswa perempuan berupa hambatan di lingkungan sekolah, yaitu menyesuaikan diri dengan lingkugan sekolah dan pemahaman materi pembelajaran teori di kelas mau pun praktik di bengkel. Hambatan di luar sekolah (masyarakt), yaitu anggapan negatif tentang Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) ketika perempuan yang berada di Jurusan itu. 3) strategi adaptasi yang dilakukan siswa perempuan dalam menghadapi hambatan yang ada, yaitu dengan strategi adaptasi aktif yang ditunjukkan oleh siswa perempuan dengan aktif memecahkan masalah, yaitu bertanyak kepada guru ketika merasa kesulitan dalam praktik; dan strategi adaptasi pasif yang ditunjukkan oleh siswa perempuan dengan sikap cuek dan lebih percaya diri. Dengan seperti itu, lingkungan akan menerima keberadaan siswa perempuan. Saran yang diperoleh dari penelitian ini yaitu: 1) bagi dinas pendidikan, perlu memberikan sosialisasi tentang kesetaraan gender kepada tenaga pendidik, 2) bagi sekolah, memberikan sosialisari tentang kesetaraan gender kepada guru dan staf pengajar, 3) bagi orang tua, memberikan kepercayaan kepada anak untuk memilih Jurusan yang sesuai dengan bakat dan minat anak, 4) bagi masyarakat, diharapkan tidak men-streotip Jurusan tertentu tanpa melihat hasil yang ada.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: strategi adaptasi, siswa perempuan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
H Social Sciences > HM Sociology
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 07:48
Last Modified: 11 Nov 2015 07:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20947

Actions (login required)

View Item View Item