PEMBELAJARAN LINGKUNGAN ALAM TENTANG SEBARAN AIR TANAH ASIN DAN TAWAR PADA ANAK USIA REMAJA DI DESA KRAKITAN, KECAMATAN BAYAT, KABUPATEN KLATEN

Eka Kurnia Sari, 3201410111 (2014) PEMBELAJARAN LINGKUNGAN ALAM TENTANG SEBARAN AIR TANAH ASIN DAN TAWAR PADA ANAK USIA REMAJA DI DESA KRAKITAN, KECAMATAN BAYAT, KABUPATEN KLATEN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (3050Kb)

    Abstract

    Latar belakang dalam penelitian ini adalah: perbedaan sumber air tanah asin dan tawar di Dukuh Duwet dan Jombor, perlunya pengetahuan tentang sumber daya air melalui program pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebaran air tanah asin dan tawar dilihat dari variabel pembelajaran lingkungan alam, media pembelajaran dan hasil belajar pada anak usia remaja di Krakitan, Bayat, Klaten. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh anak usia remaja di Krakitan, Bayat, Klaten. Sampel pada penelitian ini adalah anak usia remaja di Dukuh Duwet dan Jombor, Krakitan, Bayat, Klaten yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling yang menghasilkan Dukuh Duwet sebanyak 19 remaja dan Dukuh Jombor sebanyak 11 remaja. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis skala rating atau rating scale. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) sebaran air tanah asin dan tawar di Dukuh Duwet bersifat mengelompok dengan dominasi air tanah asin berada pada RT 01 dan 02, RW 13 sedangkan air tanah tawar berada di RT 03 dan 04, RW 13. Dukuh Jombor di dominasi oleh air tanah tawar namun air tersebut tidak dapat dikonsumsi secara langsung oleh masyarakat sebelum dilakukan penyaringan terlebih dahulu; 2) hasil penilaian keaktifan warga belajar berdasarkan penilaian skala rating dengan rumus P= f/n x 100 % berturut-turut aktif, cukup aktif dan sangat aktif. Penurunan keaktifan warga belajar berdasarkan diskusi yang dilakukan dengan warga belajar dikarenakan adanya pemilihan media dan metode yang kurang menarik perhatian warga belajar sehingga warga belajar kurang aktif selama kegiatan pembelajaran. Hasil pengeplotan siswa diperoleh hasil sangat baik dan baik 3) hasil penilaian performa guru praktikan melalui penilaian checklist diperoleh hasil rata-rata baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan pembelajaran lingkungan alam mendapat respon yang baik dari warga belajar maupun masyarakat, sebaran air tanah asin dan tawar di Dukuh Duwet bersifat mengelompok dan di Dukuh Jombor didominasi oleh air tanah tawar. Saran yang diberikan diantaranya: masyarakat hendaknya lebih berhati-hati dalam pemanfaatan air terutama daerah yang memiliki sumber air tanah asin, bagi peneliti selanjutnya hendaknya pembelajaran dilakukan tidak hanya dalam ruangan tetapi juga diluar ruangan agar tidak menimbulkan kejenuhan bagi warga belajar.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Lingkungan Alam, Pembelajaran, Sebaran Air Tanah Asin dan Tawar, Anak Usia Remaja.
    Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
    Depositing User: muhammad farhan unnes
    Date Deposited: 10 Nov 2015 20:28
    Last Modified: 10 Nov 2015 20:28

    Actions (login required)

    View Item