ANALISIS KESALAHAN DALAM PENGGUNAAN UNSUR KEIZOKU DOUSHI DENGAN SHUNKAN DOUSHI PADA KALIMAT


Nia Dwi Apriyanti, 2302411064 (2015) ANALISIS KESALAHAN DALAM PENGGUNAAN UNSUR KEIZOKU DOUSHI DENGAN SHUNKAN DOUSHI PADA KALIMAT. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2302411064-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kata kerja dalam bahasa Jepang disebut doushi. Doushi merupakan salah satu kelas kata dalam bahasa Jepang. Dari beberapa jenis doushi, salah satunya adalah doushi yang menerangkan aspek yaitu keizoku doushi dan shunkan doushi. Keizoku doushi adalah kata kerja yang menunjukkan suatu perbuatan yang berlangsung secara berkelanjutan. Sedangkan shunkan doushi adalah kata kerja yang menunjukkan perbuatan yang selesai dalam waktu sesaat. Setelah melakukan studi pendahuluan terhadap 20 mahasiswa semester IV angkatan 2013 Prodi Pendidikan Bahasa Jepang, menyatakan bahwa prosentase kesalahan penggunaan keizoku doushi dan shunkan doushi tergolong cukup tinggi yaitu sebesar 61,7%. Permasalahan dalam penelitan ini adalah kesalahan apa saja yang dialami mahasiswa saat menggunakan unsur keizoku doushi dan shunkan doushi dan faktor pennyebab kesalahan dalam menggunakan unsur keizoku doushi dan shunkan doushi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester IV angkatan 2013 Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Semarang yang berjumlah 54 mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 34 mahasiswa dengan menggunakan teknik random. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa tes. Bentuk penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kesalahan mahasiswa dalam penggunaan unsur keizoku doushi dan shunkan doushi pada kalimat antara lain yaitu; kesalahan dalam membedakan keizoku doushi dan shunkan doushi yang ditambahi bentuk –te iru, kesalahan dalam menggunakan partikel (made – made ni/aida – aida ni/ni), kesalahan dalam penggunaan bentuk te iru, te ita, ru, dan ta dalam kalimat. Faktor penyebab terjadinya kesalahan anatara lain; pemahaman mahasiswa mengenai keizoku doushi dan shunkan doushi masih kurang, kekurangtelitian mahasiswa dalam memahami makna suatu kalimat dengan tidak memperhatikan kata kunci dalam kalimat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kesalahan, keizoku doushi, shunkan doushi
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: sumarsono mahasiswa unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 00:47
Last Modified: 11 Nov 2015 00:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20941

Actions (login required)

View Item View Item