PENGGUNAAN METODE ARIMA (AUTOREGRESSIVE INTEGRATED MOVING AVERAGE) UNTUK PRAKIRAAN BEBAN KONSUMSI LISTRIK JANGKA PENDEK (SHORT TERM FORECASTING)


Febi Satya Purnomo, 5301411059 (2015) PENGGUNAAN METODE ARIMA (AUTOREGRESSIVE INTEGRATED MOVING AVERAGE) UNTUK PRAKIRAAN BEBAN KONSUMSI LISTRIK JANGKA PENDEK (SHORT TERM FORECASTING). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5301411059-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Peningkatan aktivitas yang membutuhkan konsumsi listrik dari waktu ke waktu harus disiasati dengan baik, salah satunya adalah dengan melakukan prakiraan beban konsumsi listrik. Prakiraan tersebut dilakukan untuk merencanakan operasional dari pihak supply untuk bisa memenuhi kebutuhan dari pihak demand. Salah satu metode prakiraan yang sering digunakan adalah metode time series ARIMA (Autoregressive Integrated Moving Average). Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana cara menggunakan metode ARIMA (Autoregressive Integrated Moving Average) untuk memprakirakan beban konsumsi listrik jangka pendek dan mengetahui seberapa besarkah tingkat akurasi dari metode ARIMA (Autoregressive Integrated Moving Average) yang digunakan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif analisis data sekunder, dengan data berupa besar beban konsumsi listrik dari PT PLN (Persero) APJ Semarang pada pukul 19.00 WIB selama 4 bulan yang dituliskan dalam satuan Mega Watt (MW). Tahapan penelitian dimulai dari studi literature, pencarian informasi dan data, pengolahan data, prakiraan beban dan diakhiri dengan menganalisis hasil prakiraan. Hasil Penelitian menunjukkan model terbaik dari metode ARIMA (Autoregressive Integrated Moving Average) yang dianalisis dengan melalui 4 tahap; tahap identifikasi, tahap estimasi dan tahap diagnosis, yaitu ARIMA (0,2,1)(2,2,1)7 yang digunakan untuk melakukan prakiraan beban konsumsi listrik jangka pendek. Nilai MAPE (Mean Absolute Precentage Error) dari model tersebut yaitu sebesar 6,03%. Artinya tingkat akurasi dari metode ARIMA tersebut adalah 93,97%. Simpulan yang diperoleh dari hasil penilitian tersebut adalah metode ARIMA (0,2,1)(2,2,1)7 layak digunakan untuk memprakirakan beban konsumsi listrik jangka pendek di PT PLN (Persero) APJ Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prakiraan, beban konsumsi listrik, ARIMA (Autoregressive Integrated Moving Average)
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: risma nur unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 00:47
Last Modified: 11 Nov 2015 00:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20940

Actions (login required)

View Item View Item