KESESUAIAN ANTARA ALUR MENGAJAR YANG TERTULIS PADA RPP DENGAN PELAKSANAANNYA DI KELAS PADA MATA PELAJARAN BAHASA JEPANG


Musdhalifah Yuliati Putri, 2302411055 (2015) KESESUAIAN ANTARA ALUR MENGAJAR YANG TERTULIS PADA RPP DENGAN PELAKSANAANNYA DI KELAS PADA MATA PELAJARAN BAHASA JEPANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2302411055-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Untuk mencapai sebuah tujuan pembelajaran, dalam kegiatan belajar mengajar terdapat komponen yang harus saling berinteraksi. Komponen tersebut adalah materi ajar, kegiatan belajar mengajar, media dan evaluasi. Komponen tersebut dapat berinteraksi dalam perencanaan pelaksanaan pembelajaran yang dibuat oleh guru pada setiap materi yang akan diajarkan. Oleh karena itu guru wajib merencanakan alur mengajar pada rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Terdapat banya hal yang menyebabkan Tujuan pembelajaran tidak tercapai. salah satunya Alur mengajar yang yang tidak sesuai dengan pelaksanaan di kelas. Seperti yang terjadi pada mata pelajaran bahasa Jepang di SMA N 14 Semarang. Berdasarkan pengamatan peneliti yang dilakukan ketika PPL terdapat 3 dari 38 siswa yang dapat mengkonfirmasi atau yang bisa menggunakan pola kalimat yang telah diajarkan. Pada studi pendahuluan, alur mengajar yang tertulis pada RPP sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran. Dari permasalahan tersebut peneliti melakukan penelitian pada kesesuaian antara alur mengajar yang tertulis pada RPP dan pada pelaksanaannya dilaksanakan di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian kesesuaian antara alur mengajar yang tertulis pada RPP dan pada pelaksanaannya di kelas pada mata pelajaran bahasa Jepang di SMA N 14 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan observasi. Observasi dilakukan dengan pengamatan dan dilengkapi dengan lembar pengamatan yang berupa daftar checklist. Pengamatan dilakukan sebanyak tiga kali pertemuan di kelas XI IS 2 . Namun pada pelaksanaannya dapat dilihat dari hasil analisis penelitian tentang kesesuaian alur mengajar terdiri dari tiga kategori yakni sudah sesuai, sesuai dengan catatan dan tidak sesuai. Tahap yang sesuai yaitu tahap tahap menjelaskan tujuan pembelajaran, latihan dasarpenutup. Kegiatan yang sesuai dengan catatan adalah salam pembuka, drill, kesimpulan. Dan kegiatan yang tidak dilakukan adalah kegiatan pada tahap memberikan motivasi, permainan, kegiatan latihan penerapan, merefleksikan kegiatan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesesuaian, alur mengajar padaRPP, Alur mengajar di Kelas, Bahasa Jepang
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: sumarsono mahasiswa unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 00:44
Last Modified: 11 Nov 2015 00:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20938

Actions (login required)

View Item View Item