PENGARUH PENGGUNAAN FLIP CHART SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS X IPA MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 CIREBON TAHUN AJARAN 2014-2015


Nilam Arifani, NIM 3101411132 (2015) PENGARUH PENGGUNAAN FLIP CHART SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS X IPA MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 CIREBON TAHUN AJARAN 2014-2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3101411132-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di Madrasah Aliyah Negeri 1 Cirebon menunjukkan bahwa dalam penyampaian pembelajaran sejarah guru hanya menggunakan media gambar-gambar yang hanya ada di buku paket saja, dan pada saat melakukan presentasi tidak di dukung dengan penggunaan media sehingga siswa lain sebagai audience cepat bosan, keadaan ini tentu saja mempengaruhi minat belajar siswa. Padahal dengan menggunakan media, siswa dapat lebih mudah memahami materi dan tidak cepat bosan. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk menggunakan flip chart sebagai media pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana penggunaan media flip chart dalam pembelajaran sejarah pada siswa kelas X IPA Madrasah Aliyah Negeri 1 Cirebon, untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan media flip chart terhadap minat belajar siswa kelas X IPA Madrasah Aliyah Negeri 1 Cirebon, untuk mendeskripsikan dalam hal apa flip chart mampu meningkatkan minat belajar siswa kelas X IPA Madrasah Aliyah Negeri 1 Cirebon. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA Madrasah Aliyah Negeri 1 Cirebon. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 2 sebagai kelas ekspperimen dan peserta didik kelas X IPA 3 adalah kelas kontrol, pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik nonprobability sampling.. Varibel x dalam penelitian ini adalah penggunaan media flip chart sebagai media pembelajaran, sedangkan variabel y penelitian ini adalah minat belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian skor rata-rata minat belajar siswa yang meningkat dari hasil sebelum dilakukannnya pembelajaran menggunakan media flip chart di kelas eksperimen dari 51,075 menjadi 67,615, sedangkan kelas kontrol hanya meningkat dari 50,357 menjadi 56,65. Berdasarkan analisis regresi diperoleh nilai t hitung > t tabel (4,357>2,024) dan nilai sig <0,05 atau (0,00<0,05) dan di peroleh R square 0,333 maka H 0 ditolak artinya bahwa ada pengaruh secara signifikan antara penggunaan media flip chart dengan minat belajar siswa, kontribusinya sebesar 33%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Flip Chart, Minat Belajar Sejarah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: erni setyaningsih unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 00:41
Last Modified: 11 Nov 2015 00:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20937

Actions (login required)

View Item View Item