ANALISIS KESALAHAN PENULISAN KALIMAT PADU PADA KARANGAN MAHASISWA TINGKAT III PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Ari Riski Fadilah, 2302411054 (2015) ANALISIS KESALAHAN PENULISAN KALIMAT PADU PADA KARANGAN MAHASISWA TINGKAT III PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2302411054-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang penulis lakukan sebelum penelitian, diketahui bahwa 90% mahasiswa semester VI Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Semarang masih sering melakukan kesalahan dalam membuat karangan yang sebagian besar merupakan kesalahan berupa banyaknya kalimat tidak padu dan tidak sesuai dengan pokok pikiran pada tiap paragraf. Di sisi lain, untuk dapat membuat karangan yang baik, aspek keutuhan memiliki peranan yang sangat penting. Untuk itu, peneliti melakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui kesalahan apa saja yang dilakukan mahasiswa semester VI Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Semarang dalam menulis kalimat padu pada sebuah karangan serta faktor-faktor penyebab terjadinya kesalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data pada penelitian ini adalah potongan kalimat pada 21 karangan mahasiswa semester VI yang dianggap tidak kohesif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik simak dan teknik catat. Adapun teknik pemaparan hasil analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik penyajian informal. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan pada 21 karangan mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Sakubun Enshu, diperoleh data berupa kesalahan kohesi sebanyak 277 data kesalahan dimana kesalahan kohesi gramatikal sebanyak 115 data kesalahan yang terdiri atas kesalahan penunjukan, pelesapan, dan perangkain; kohesi leksikal sebanyak 18 data kesalahan yang terdiri atas kesalahan repetisi, sinonimi, hiponimi, dan kolokasi; serta kesalahan lain sebanyak 144 data kesalahan. Adapun faktor penyebab kesalahan kohesi adalah adanya interferensi antara bahasa Jepang dengan bahasa Indonesia sebagai bahasa ibu mahasiswa, banyaknya kata yang memiliki arti sama dalam Bahasa Jepang, pengetahuan tentang kosa kata bahasa Jepang sedikit, mahasiswa belum mengerti konteks penggunaan partikel tertentu, mahasiswa jarang menggunakan berbagai perubahan kata kerja Bahasa Jepang, mahasiswa belum berpikir dari sudut pandang pembaca orang Jepang asli dalam menulis karangan, dan mahasiswa kurang teliti dalam menulis beberapa kata pada karangannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kesalahan, faktor penyebab, karangan, kalimat padu, kohesi
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: sumarsono mahasiswa unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 00:39
Last Modified: 11 Nov 2015 00:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20934

Actions (login required)

View Item View Item