PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs MAARIF NU 06 BOJONGSARI KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN AJARAN 2014/2015


Desiana Nur Hidayati, 3101411131 (2015) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs MAARIF NU 06 BOJONGSARI KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3101411131-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kurangnya variasi metode pembelajaran menyebabkan rendahnya partisipasi siswa dalam mengikuti pembelajaran hal ini jelas akan berpengaruh terhadap nilai hasil belajar siswa. Seorang guru harus pandai membuat keputusan keputusan yang tepat mengenai cara mengajar, berinteraksi, dan merespons para peserta didik. Guru yang efektif akan berfikir secara kritis mengenai asumsi asumsi, keyakinan - keyakinan, dan strategi yang digunakan dalam pembelajaran dalam kelas dan terus memodifikasi pikiran dan perilakunya seiring informasi yang diperoleh.Metode pembelajaran yang aktif melibatkan peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar dapat berperan dalam ingatan jangka panjang, sehingga peserta didik tidak mudah untuk melupakan apa yang mereka pelajari. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode pembelajaran Discovery Learning. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana hasil belajar sejarah siswa kelas VIII MTs Maarif NU 06 Bojongsari yang diajarkan menggunakan metode ceramah? 2) Bagaimana hasil belajar sejarah siswa kelas VIII MTs Maarif NU 06 Bojongsari yang diajarkan menggunaka nmetode pembelajaran discovery learning? 3) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas VIII MTs Maarif NU 06 Bojongsari antara penggunaan metode pembelajaran Discovery Learning dengan metode ceramah? Metode pembelajaran discovery learning dengan metode ceramah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswaVIII MTs Maarif NU 06 Bojongsari Tahun Ajaran 2014 / 2015 yang berjumlah 182 siswa. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan random sampling dan diperoleh kelas VIII A sebagai kelas control dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes dan dokumen. Rancangan eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah true experimental (eksperimen betul-betul) dengan pre-test post-test control group design. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh rata-rata nilai post test kelas eksperimen yaitu 81,08 dan rata-rata kelas control yaitu 64,21. Pada penelitian ini diketahui terdapat perbedaan hasil belajar sejarah antara kelas eksperimen dan kontrol. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis (uji t). Berdasarkan hasil uji hipotesis (uji t) diperoleh nilai Sig. (2-tailed) = 0,000.Karena 0,00< 0,05 maka H 1 diterima. Jadi, ada perbedaan rata-rata nilai pre-test antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol.Pembelajaran sejarah siswa kelas VIII B dengan menggunakan metode discovery learning lebih efektif sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan kelas VIII A yang tidak menggunakan metode menggunakan metode ceramah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Discovery Learing, Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: erni setyaningsih unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 00:36
Last Modified: 11 Nov 2015 00:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20933

Actions (login required)

View Item View Item