HUBUNGAN ANTARA BERPIKIR POSITIF DENGAN EFIKASI DIRI AKADEMIK PADA MAHASISWA YANG SEDANG MENYUSUN SKRIPSI


Fika Rachmawati, 1511410037 (2015) HUBUNGAN ANTARA BERPIKIR POSITIF DENGAN EFIKASI DIRI AKADEMIK PADA MAHASISWA YANG SEDANG MENYUSUN SKRIPSI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1511410037-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pola pikir mahasiswa yang positif akan memengaruhi efikasi diri akademiknya. Apabila mahasiswa mampu berpikir secara positif maka mahasiswa tersebut akan memiliki keyakinan dalam melewati tantangan akademik seperti skripsi. Sedangkan mahasiwa yang selalu berpikir negatif terhadap suatu hal yang akan dijalaninya selama menghadapi proses penyusunan skripsi akan memiliki keyakinan diri akademik yang rendah pula dalam penyusunan skripsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara berpikir positif dengan efikasi diri akademik. Penelitiaan ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Psikologi Universitas Negeri Semarang angakata 2008 sampai dengan 2010 yang sudah mendapatkan SK (Surat Keputusan) Proposal Penelitian.Jumlah sampel yaitu sebanyak 61 mahasiswa.Teknik sampling yang dipakai yaitu Total Sampling. Data penelitian diambil menggunakan skala berpikir positif dan skala efikasi diri akademik. Skala berpikir positif terdiri dari 43 aitem.Skala berpikir positif mempunyai koefisien validitas aitem antara 0,283 sampai dengan 0,729 dan koefisien reliabilitas sebesar 0,892.Adapun skala efikasi diri akademik terdiri dari 35 aitem.Skala efikasi diri akademik mempunyai koefisien validitas aitem antara 0,292 sampai dengan 0,774 dan koefisien reliabilitas sebesar 0,896. Berpikir positif dan efikasi diri akademik pada mahasiswa Jurusan Psikologi berada dalam kategori tinggi.Metode analisis menggunakan Product Moment dengan hasil koefisien korelasi sebesar 0,526 dengan taraf signifikansi p = 0,000 dimana p < 0,01, hipotesis yang menyatakan “ada hubungan positif antara berpikir positif dengan efikasi diri akademik pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi” diterima. Semakin tinggi berpikir positif maka semakin tinggi pula efikasi diri akademik dan semakin rendah berpikir positif maka semakin rendah pula efikasi diri akademiknya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Positif, Efikasi Diri Akademik, Mahasiswa Jurusan Psikologi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 11 Nov 2015 00:37
Last Modified: 11 Nov 2015 00:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20930

Actions (login required)

View Item View Item