UPAYA GURU IPS MENGATASI HAMBATAN PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 21 SEMARANG


Acin Mahir Cuma Bisa, 3101411130 (2015) UPAYA GURU IPS MENGATASI HAMBATAN PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 21 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3101411130-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Upaya guru IPS dalam mengimplementasi kurikulum 2013 adalah perlu adanya proses sosialisasi yang matang, sarana dan prasarana yang mendukung, serta kemampuan guru dalam menyusun perangkat pembelajaran. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan: (1) Untuk mendiskripsikan guru IPS dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 di SMP Negeri 21 Semarang; (2) Untuk mendiskripsikan dan menganalisis hambatan-hambatan yang dialami guru IPS di SMP Negeri 21 Semarang dalam pembelajaran IPS berdasarkan Kurikulum 2013; (3) Untuk mendiskripsikan upaya yang dilakukan guru IPS untuk mengatasi hambatan dalam pembelajaran di SMP Negeri 21 Semarang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Lokasi di dalam penelitian ini berada di SMP Negeri 21 Semarang. Informan dalam penelitian ini adalah guru IPS dan Waka Kurikulum. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode analisis data kualitatif. Uji keabsahan data dilkukan dengan teknik triangulasi. Hasil dalam penelitian ini sebagai berikut: Implementasi pembelajaran IPS yang berlangsung di SMP Negeri 21 Semarang berjalan dengan baik karena guru sudah menyiapkan RPP sebelum mengajar. Begitu pada penggunaan media dan metode yang digunakan, guru yang ada di SMP Negeri 21 Semarang sudah menggunakan metode-metode yang mendukung kurikulum 2013. Hambatan yang dialami oleh guru SMP Negeri 21 Semarang dalam proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan kurikulum 2013 masih kesusahan dalam hal penilaian yang ada di kurikulum 2013 ini. Selain itu, hambatan lainnya dalam proses pembelajaran IPS adalah soal pemanfaatan media pembelajaran seperti LCD dan proyektor yang tidak semuanya kondisinya bagus. Upaya untuk mengatasi hambatan yang dialami guru selama proses pembelajaran dalam hal penilaian terhadap peserta didik sangat perlu dilakukan diskusi-diskusi bagi para guru dalam mengatasi permasalahan-permasalahan yang dihadapinya. Saran yang diajukan dalam penelitian ini sebagai berikut: (1) Guru IPS diharapkan bisa menerapkan pendekatan saintifik dan menguasai ilmu teknologi untuk menunjang proses pembelajaran sehingga proses pembelajaran dikelas berjalan dengan maksimal sesuai yang disarankan oleh kurikulum 2013. (2) Perlu adanya sosialisasi berkala mengenai cara penilaian terhadap peserta didik dalam kurikulum 2013 agar dalam proses pembelajaran IPS dapat mengurangi hambatan seminimal mungkin. (3) Perlu diadakan forum-forum seperti MGMP agar para guru dapat berdiskusi mengenai hambatan yang dialami sekaligus guru dapat mengatasi hambatan tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru IPS, Kurikulum 2013 dan Pembelajaran IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: erni setyaningsih unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 00:31
Last Modified: 11 Nov 2015 00:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20928

Actions (login required)

View Item View Item