PERBANDINGAN PROSES PEMBELAJARAN OLEH NATIVE SPEAKER DAN NON-NATIVE SPEAKER BAHASA JEPANG PADA MATA KULIAH KAIWA SEMESTER 6


Devinta Pangestika, 2302411033 (2015) PERBANDINGAN PROSES PEMBELAJARAN OLEH NATIVE SPEAKER DAN NON-NATIVE SPEAKER BAHASA JEPANG PADA MATA KULIAH KAIWA SEMESTER 6. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2302411033-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (954kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran oleh native speaker dan non-native speaker memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dengan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh native speaker dan non-native speaker, dapat terjadi masalah dalam proses pembelajaran misalnya, terdapat perbedaan dalam proses pembelajaran. Untuk mengetahui permasalahan perbedaan tersebut diperlukan suatu penelitian. Dari hasil penelitian ini, harapannya pembelajar bahasa Jepang atau pembaca dapat mengetahui persamaan dan perbedaan yang terjadi antara proses pembelajaran oleh native speaker dan non-native speaker. Sehingga dapat mengambil dan menggabungkan masing-masing kelebihan tersebut, dan menciptakan proses pembelajaran yang lebih efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang dilakukan untuk mengetahui persamaan dan perbedaan proses pembelajaran oleh native speaker dan non-native speaker pada mata kuliah kaiwa semester 6. Sumber data dalam penelitian ini yaitu dosen native speaker dan non-native speaker yang mengajar mata kuliah Kaiwa semester 6 di Universitas Negeri Semarang. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah metode observasi. Metode observasi digunakan untuk memperoleh data tentang persamaan dan perbedaan yang terjadi pada proses pembelajaran Kaiwa semester enam, pada kelas yang diampu oleh native speaker dan non native speaker di Universitas Negeri Semarang. Observasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi langsung, yaitu dengan cara langsung terjun ke lapangan.Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis komparatif. Teknik analisis ini digunakan untuk mengidentifikasi dan membandingkan persamaan dan perbedaan yang ada pada masing-masing proses pembelajaran yang telah diamati. Berdasarkan hasil analisis data, dapat diketahui bahwa native speaker dan non-native speaker memiliki alur proses pembelajaran yang sama serta menggunakan media yang sama. Perbedaannya adalah dalam hal kedisiplinan waktu pembelajaran, penggunaan bahasa Ibu peserta didik saat pembelajaran, dan dalam hal mempelajari peserta didiknya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perbandingan, Pembelajaran, Native Speaker, Non-Native Speaker
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: sumarsono mahasiswa unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 00:27
Last Modified: 11 Nov 2015 00:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20927

Actions (login required)

View Item View Item