PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SEJARAH INDONESIA MATERI POKOK PERISTIWA RENGASDENGKLOK DAN PERUMUSAN TEKS PROKLAMASI KELAS XI MIIA SEMESTER II DI SMA NEGERI 1 BATANG


Ika Widya Kusumastuti, 3101411129 (2015) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SEJARAH INDONESIA MATERI POKOK PERISTIWA RENGASDENGKLOK DAN PERUMUSAN TEKS PROKLAMASI KELAS XI MIIA SEMESTER II DI SMA NEGERI 1 BATANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3101411129-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di SMA Negeri 1 Batang menunjukkan bahwa penyampaian pembelajaran pada materi Peristiwa Rengasdengklok dan perumusan teks proklamasi belum pernah dikembangkan dalam bentuk dokumen, sepertihandout, LKS, maupun bahan ajar dalam bentuk printed lainnya. Padahal pembelajaran sejarah pada materi ini sangat tergantung pada sumber belajar. Pendalaman materi pada materi pokok Peristiwa Rengasdengklok dan perumusan teks proklamasi ini penting untuk disampaikan kepada peserta didik. Mengingat 18 karakter yang dikembangkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional yaitu salah satunya semangat kebangsaan dan cinta tanah air. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengembangkan bahan ajar sejarah Indonesia pada materi ini yang dikemas dalam bentuk handout. Tujuan penelitian ini: (1) mendeskripsikankelayakan handout materi pokok Peristiwa Rengasdengklok dan perumusan teks proklamasi dilihat dari segi hasil validasi yang dilakukan oleh ahli materi dan media. (2) mendeskripsikankeefektifan penggunaan handout materi pokok Peristiwa Rengasdengklok dan perumusan teks proklamasi sebagai bahan ajar sejarah Indonesia bagi peserta didik kelas XI MIIA, dilihat dari rata-rata hasil belajar peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, tanggapan peserta didik pada kelas eksperimen dan tanggapan guru sejarah. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan handoutdari segi media maupun materi, handout ini layak untuk dijadikan bahan ajar sejarah Indonesia. Sementara itu, keefektifan penggunaannya juga memberikan pengaruh yang positif dalam meningkatkan rata-rata hasil belajar peserta didik. Hal ini terbukti dengan adanya perbedaan rata-rata hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen 32,5897 jauh lebih besar dari rata-rata hasil belajar kelas kontrol 8,0347. Selain itu, didukung pula dengan persentase skor yang diperoleh dari angket tanggapan guru sebesar 99,519%, serta hasil analisis angket tanggapan peserta didik setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan handout menunjukkan persentase skor sebesar 92,274%. Dengan demikian, handout ini efektif digunakan sebagai bahan ajar sejarah Indonesia. Saran yang dapat diberikan yaitu handout yang dikembangkan dalam penelitian ini disarankan untuk digunakan dalam pembelajaran sejarah Indonesia materi pokok Peristiwa Rengasdengklok dan perumusan teks proklamasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Bahan Ajar, Peristiwa Rengasdengklok, Perumusan Teks Proklamasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: erni setyaningsih unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 00:19
Last Modified: 11 Nov 2015 00:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20924

Actions (login required)

View Item View Item