ERBEDAAN HASIL BELAJAR MAHASISWA TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG YANG DIBELAJARKAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLASH DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CETAK MATERI JFET CS AMPLIFIER


Tri Ginanjar Adisaputra , 5302410001 (2015) ERBEDAAN HASIL BELAJAR MAHASISWA TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG YANG DIBELAJARKAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLASH DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CETAK MATERI JFET CS AMPLIFIER. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5302410001-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar mahasiswa Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang yang dibelajarkan menggunakan media pembelajaran berbasis flash dengan media pembelajaran berbasis cetak pada materi JFET CS Amplifier. Penelitian ini mengguanakan metode penelitian eksperimen, dengan desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang. Sampel dalam penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan dipastikan kesetaraannya (matching) sehingga diperoleh mahasiswa kelompok 1 (kelompok eksperimen) dan mahasiswa kelompok 2 (kelompok kontrol). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi teknik wawancara, dokumentasi, observasi dan tes. Data diperoleh dengan mengambil dua macam data yaitu data kemampuan awal mahasiswa melalui pretest dan data setelah mahasiswa diberikan perlakuan (treatment) melalui posttest. Pretest maupun posttest diberikan pada semua sampel, dari data yang dihasilkan kemudian dilakukan analisis data. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan homogenitas, dan uji hipotesis meliputi uji beda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest hasil belajar mahasiswa kelompok eksperimen sebesar 80,67, sedangkan kelompok kontrol sebesar 66,67. Hasil uji hipotesis variabel hasil belajar mahasiswa menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara mahasiswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Berdasarkan hasil uji hipotesis tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar mahasiswa yang menggunakan media pembelajaran JFET CS Amplifier dengan mahasiswa yang menggunakan media cetak pada pokok bahasan JFET CS Amplifier. Saran peneliti yaitu pendidik dapat menggunakan media JFET CS Ampilifier yang telah dikembangkan dengan Adobe Flash Professional CS5.5 dalam proses pembelajaran sebagai salah satu alternatif memudahkan peserta didik dalam memahami materi dan meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, hasil belajar, JFET CS Amplifier
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: risma nur unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 00:19
Last Modified: 11 Nov 2015 00:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20923

Actions (login required)

View Item View Item