EFEKTIVITAS TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA LINTAS MINAT BAHASA JEPANG DI SMA N 1 AMBARAWA


Ferian Chayaning Riyastuti, 2302411022 (2015) EFEKTIVITAS TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA LINTAS MINAT BAHASA JEPANG DI SMA N 1 AMBARAWA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2302411022-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran bahasa Jepang di SMA N 1 Ambarawa khususnya kelas lintas minat, siswanya sudah dibagi dalam beberapa kelompok-kelompok kecil. Akan tetapi, pembagian kelompoknya masih homogen karena siswa memilih kelompoknya sendiri sehingga pembelajaran bahasa Jepang belum maksimal. Hal ini berakibat nilai yang diperoleh siswa masih tergolong rendah, yaitu untuk kelas lintas minat bahasa Jepang 1 memperoleh nilai rata-rata 73 dan kelas lintas minat bahasa Jepang 2 adalah 68. Padahal kriteria ketuntasan minimal yang ditentukan oleh pihak sekolah pada pelajaran bahasa Jepang yaitu 77. Oleh karena alasan tersebut, penulis menawarkan metode tutor sebaya dengan pembagian kelompok yang heterogen untuk membantu meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas tutor sebaya terhadap hasil belajar siswa, mengetahui kekurangan apa saja yang terjadi selama penelitian tutor sebaya berlangsung, dan untuk mengetahui kesalahan jawaban yang dilakukan saat post-test oleh siswa kelas kontrol dan eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yaitu menguji efektivitas tutor sebaya terhadap hasil belajar siswa. Sampel dalam populasi menggunakan teknik sampling jenuh yaitu seluruh populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes. Dokumentasi dilakukan untuk memperolah data nama siswa yang akan menjadi objek penelitian. Tes dilakukan untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui post-test setelah diberikan pembelajaran menggunakan metode tutor sebaya. Dari hasil perhitungan menggunakan rumus T-tes diperoleh t hitung = 2,322 lebih besar dari t tabel = 2,014. Maka hipotesis yang berbunyi “tutor sebaya efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa lintas minat bahasa Jepang di SMA N 1 Ambarawa” diterima. Kekurangan saat penelitian yang terjadi antara lain sulitnya menentukan waktu untuk mengumpulkan tutor, karena siswa yang menjadi tutor, siswa yang ditutorkan adalah teman sebaya sehingga siswa yang ditutorkan atau tutee kurang memperhatikan penjelasan dari tutor, suasana pelajaran bahasa Jepang tidak terlalu terasa Jepangnya karena seringnya siswa menggunakan bahasa Jawa, lamanya waktu untuk melaksanakan tutor sebaya tidak sesuai dengan waktu yang telah ditentukan yaitu 45 menit untuk menjelaskan materi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektifitas, Tutor Sebaya, Hasil Belajar
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: sumarsono mahasiswa unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 00:17
Last Modified: 11 Nov 2015 00:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20922

Actions (login required)

View Item View Item