PENGARUHKETEPATAN PEMBERIAN BANTUAN MODAL, PELATIHAN KEWIRAUSAHAANDAN STRATEGI PROMOSI TERHADAP KEBERHASILAN USAHA PESERTAPROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA (PMW) TAHUN 2013 UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
Lili Sulasi, 7101411037 (2015) PENGARUHKETEPATAN PEMBERIAN BANTUAN MODAL, PELATIHAN KEWIRAUSAHAANDAN STRATEGI PROMOSI TERHADAP KEBERHASILAN USAHA PESERTAPROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA (PMW) TAHUN 2013 UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Keberhasilan usaha peserta program mahasiswa wirausaha tahun 2013 tergolong rendah jika dilihat dari persentase tingkat pengembalian bantuan modalsebesar 10,40%dan keberlangsungan usaha sebesar 42,55%.Keadaantersebut menunjukan bahwa dalam menjalankan usaha mereka menghadapi kendala yang mengakibatkan keberhasilan usaha rendah.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruhketepatan pemberianbantuan modal, pelatihan kewirausahaan dan strategi promositerhadap keberhasilan usahaPenelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatifdengan populasi sebanyak 47 jenis usaha peserta PMW tahun 2013. Metode pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis data dengan menggunakan analisis deskriptifpersentase.Hasil penelitian diperoleh pengaruh ketepatan pemberian bantuan modal, pelatihan kewirausahaan dan strategi promosi secara simultan sebesar 71% dan pengaruh secara parsialmasing-masing variabelketepatan pemberian bantuan modalsebesar 10,56%, pelatihan kewirausahaan sebesar 19,36% dan strategi promosisebesar 25,40% terhadap keberhasilan usaha.Saran yang dapat diberikan penulis dalam penelitian ini bagi pelaksanaan program program mahasiswa wirausaha (PMW) diantaranya modal syarat usaha harus dipenuhi dengan memberikan sejumlah dana yang sesuai dengan kebutuhan usaha yang tercantum dalam business plandan untuk pelaksanaan pendampingan perlu ditingkatkan lagi intensitasnya dengan cara memberikan aturan kepada peserta untuk melakukan konsultasi dengan batas minimal yang harus dipenuhi. Bagi peserta diharapkan dapat meningkatkan periklanan dengan menggunakan media yang menarik minat pembelianseperti: brosur, poster, banner dan sebagainya.Bagi penelitian selanjutnya, diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini dengan cara mengkaji atau menambah variabel lain yang dimungkinkan mempunyai pengaruh terhadap keberhasilan usaha diluar ketepatan pemberian bantuan modal, pelatihan kewirausahaan dan strategi promosi.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ketepatan Pemberian BantuanModal, Pelatihan Kewirausahaan, Strategi Promosi, Keberhasilan Usaha |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | ahmad sanusi unnes |
Date Deposited: | 11 Nov 2015 00:18 |
Last Modified: | 11 Nov 2015 00:18 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20921 |
Actions (login required)
View Item |