EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI SEJARAH MATA PELAJARAN IPS KELAS 7 DI SMP 5 KUDUS TAHUN AJARAN 2014/2015


ROIS SETIAWAN, 3101411126 (2015) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI SEJARAH MATA PELAJARAN IPS KELAS 7 DI SMP 5 KUDUS TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3101411126-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar di SMP 5 Kudus tergolong masih cukup rendah. Hal tersebut dikarenakan mata pelajaran sejarah yang bersifat satu arah dan penerapan model pembelajaran kurang menarik bagi siswa, sehingga kurang dapat mengembangkan kemampuan belajar siswa. Model pembelajaran ceramah yang sering digunakan oleh guru cenderung meminimalkan keterlibatan siswa sehingga guru nampak lebih aktif dan menimbulkan pemikiran siswa bahwa ilmu hanya didapat dari guru. Kebiasaan sikap siswa yang pasif dalam proses pembelajaran mengakibatkan sebagian besar siswa takut dan malu bertanya pada guru mengenai materi yang kurang dipahami. Salah satu model pembelajaran yang dicobakan melalui penelitian ini adalah model pembelajaran inquiry. Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini adalah : 1. Bagaimana penggunaan model pembelajaran inquiry pada materi sejarah dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas 7 di SMP 5 Kudus tahun ajaran 2014/2015 ? 2. Apakah model pembelajaran inquiry efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sejarah mata pelajaran IPS pada siswa kelas 7 di SMP 5 Kudus tahun ajaran 2014/2015 ? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran inquiry efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sejarah dalam mata pelajaran IPS. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 7 SMP 5 Kudus. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Motiv Sampling yakni dengan motif dari guru. Ada 2 (dua) variabel dalam penelitian ini, yaitu: (1) Model pembelajaran inquiry, dan (2) Hasil belajar sejarah siswa. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah dokumentasi dan tes. Hasil uji instrumen (uji validitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda) yang terdiri dari 30 butir soal dan yang dipakai untuk pre tes dan post tes adalah 25 butir soal. Berdasarkan hasil uji reliabilitas instrumen didapatkan r 11 = 0,874 dan rtabel = 0,355 karena r hitung lebih besar dari rtable maka dengan demikian instrumen tersebut reliabel dan dapat digunakan untuk pengumpulan data. Hasil uji perbedaan dua rata-rata pre tes (t berada pada daerah penerimaan Ho) disimpulkan tidak ada perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Uji perbedaan rata-rata post tes kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh bahwa kelompok eksperimen lebih baik dari pada kelompok kontrol. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat di simpulkan bahwah pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran inquiry efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sejarah dalam mata pelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas , Model Pembelajaran Inquiry, Hasil Belajar Sejarah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: erni setyaningsih unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 00:16
Last Modified: 11 Nov 2015 00:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20920

Actions (login required)

View Item View Item