SISTEM INFORMASI PENJADWALAN MATA PELAJARAN PADA SMP NEGERI 1 PETARUKAN PEMALANG

ANDANG DWI JAYANTO, 5302410008 (2015) SISTEM INFORMASI PENJADWALAN MATA PELAJARAN PADA SMP NEGERI 1 PETARUKAN PEMALANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1689Kb)

    Abstract

    Jadwal mata pelajaran di sekolah merupakan hal yang sangat penting dalam berlangsungnya kegiatan belajar mengajar di sekolah, jadwal ini bertujuan untuk mendukung, memperlancar, dan meningkatkan kedisiplinan dalam proses kegiatan belajar mengajar. Dengan adanya jadwal mata pelajaran, kegiatan belajar mengajar akan berjalan dengan lancar, baik, dan efisien. Sehingga kegiatan belajar mengajar di sekolah bisa dilaksanakan secara maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembuatan jadwal di SMP N 1 Petarukan, dan membangun sistem informasi penjadwalan mata pelajaran yang memenuhi kebutuhan pengguna, mengetahui kelayakan sistem untuk diterapkan di sekolah dan keakuratan data yang dihasilkan oleh sistem informasi penjadwalan mata pelajaran melalui pengujian blackbox dan uji pengguna. Manfaat yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah untuk mempermudah penyusunan jadwal mata pelajaran di sekolah. Penelitian ini menggunakan siklus pengembangan perangkat lunak sekuensial linier atau biasa disebut metode waterfall. Dengan metode pengujian perangkat lunak menggunakan metode pengujian blackbox dan pengujian akhir pada uji pengguna. Objek yang diteliti pada penelitian ini adalah sistem itu sendiri dengan variabel penelitian adalah kelayakan sistem yang dinilai oleh responden menggunakan kuesioner. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan kuesioner. Sedangkan proses analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian, berhasil dibangun sebuah sistem informasi penjadwalan mata pelajaran yang dibuat berdasarkan permasalahan yang ada di SMP N 1 Petarukan. Sistem informasi penjadwalan mata pelajaran telah melalui tahap pengujian menggunakan metode uji blackbox dan uji validitas oleh pengguna. Dari hasil pengujian blackbox menunjukkan bahwa semua fungsi pada sistem telah berjalan dengan baik sesuai dengan harapan. Dan dari hasil pengujian validitas oleh pengguna yang dilakukan kepada pihak sekolah yang terlibat antara lain siswa, guru, wali kelas, dan pejabat sekolah menunjukkan bahwa responden memberikan kriteria “Sangat Layak” terhadap kelayakan sistem informasi penjadwalan mata pelajaran. Kesimpulan yang dapat diambil adalah sistem penjadwalan yang dibuat sudah mampu membuat jadwal mata pelajaran yang baik tanpa terjadi bentrok dan sesuai dengan kebutuhan di SMP N 1 Petarukan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: sistem informasi, waterfall, blackbox, penjadwalan pelajaran
    Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
    Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
    Depositing User: risma nur unnes
    Date Deposited: 10 Nov 2015 19:15
    Last Modified: 10 Nov 2015 19:15

    Actions (login required)

    View Item