PERBANDINGAN HASIL BELAJAR BAHASA JEPANG YANG MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN DEDUKTIF DAN INDUKTIF PADA SISWA KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 1 TAWANGSARI


Afrina Nindyawati, 2302411020 (2015) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR BAHASA JEPANG YANG MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN DEDUKTIF DAN INDUKTIF PADA SISWA KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 1 TAWANGSARI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2302411020-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

SMA Negeri 1 Tawangsari merupakan salah satu SMA negeri yang ada di Kabupaten Sukoharjo, yang juga termasuk salah satu sekolah unggulan di Kabupaten Sukoharjo.Pembelajaran bahasa Jepang diberikan kepada siswa di SMA Negeri 1 Tawangsari.Untuk kelas Bahasa mata pelajaran bahasa Jepang merupakan mata pelajaran wajib, sedangkan untuk kelas IPA maupun IPS merupakan mata pelajaran muatan lokal. Berdasarkan hasil observasi pada studi pendahuluan di SMA Negeri 1 Tawangsari ada dua orang guru yang mengampu Bahasa Jepang dengan strategi pembelajaran yang berbeda, yaitu pendekatan induktif dan pendekatan deduktif.Hal tersebut memungkinkan hasil belajar yang dihasilkan oleh siswa berbeda pula. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Tawangsari yang menggunakan strategi pembelajaran deduktif dan induktif, serta untuk mengetahui faktor yang menyebabkan adanya perbandingan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif yaitu membanding dua hasil belajar, yang menggunakan strategi pembelajaran yang berbeda.Pengambilan sampel dalam populasi menggunakan teknik random yaitu kelas XI IPA 2 dan IPA 5.Metode pengumpulan data yang di gunakan adalah dokumentasi, angket, dan observasi.Untuk mengetahui seberapa besar nilai perbandingan hasil belajar pada siswa peneliti menggunakan Uji Mann Whitney. Sedangkan angket dan observasi digunakan untuk mengetahui faktor apa yang mempengaruhi perbandingan hasil belajar. Dari hasil penelitian diketahui bahwa nilai perbandingan hasil belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Jepang yang menggunakan strategi pembelajaran deduktif dan induktif adalah sebesar 1,369.Namun perbandingan tersebut bukan merupakan perbandingan yang signifikan.Dan faktor yang menyebabkan adanya perbandingan hasil belajar adalah tingkat pemahaman siswa dalam mempelajari bahasa Jepang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: perbandingan, hasil belajar,deduktif, induktif
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: sumarsono mahasiswa unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 00:13
Last Modified: 11 Nov 2015 00:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20917

Actions (login required)

View Item View Item