PELAKSANAAN EVALUASI HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS PADA KURIKULUM 2013 DI SMA 1 BAE KUDUS TAHUN AJARAN 2014/2015


Khoerun Niam, 3101411123 (2015) PELAKSANAAN EVALUASI HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS PADA KURIKULUM 2013 DI SMA 1 BAE KUDUS TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3101411123-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Guru dalam menentukan keberhasilan peserta didik terbatas pada hasil penilaian tes yang biasa dilakukan secara tertulis, akibatnya sasaran pembelajaran hanya terbatas pada kemampuan peserta didik untuk mengisi soal-soal yang biasa keluar dalam penilaian tes. Serta untuk meningkatkan kualitas pembelajaran evaluasi sebaiknya dilakukan bukan hanya terhadap hasil belajar akan tetapi prosesnya sehingga dapat mengukur secara keseluruhan dan nyata. Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan evaluasi hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS pada kurikulum 2013 di SMA 1 Bae Kudus. (2) Bagaimana Kendala pelaksanaan evaluasi hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS pada kurikulum 2013 di SMA 1 Bae Kudus. (3) Bagaimana cara mengatasi kendala pelaksanaan evaluasi hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS pada kurikulum 2013 di SMA 1 Bae Kudus. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mengambil penelitian di SMA 1 Bae Kudus Kabupaten Kudus. Informan dalam penelitian ini adalah guru sejarah dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode analisis data kualitatif. Hasil penelitian dalam penetian ini sebagai berikut: Dari para guru dalam melaksanakan evaluasi kurikulum 2013 sudah cukup baik karena guru sudah berupaya secara maksimal untuk melakukan secara baik hanya saja masih banyak perencanaan yang tidak dilakukan sebagaimana mestinya, serta dalam pelaksanaan masih kurang begitu efektif karena berbagai macam kendala dialami, dalam melakukan penilaian tidak semua dilakukan karena begitu banyak penilaian yang harus diisi serta kesediaan format penilaian dari pihak sekolah yang masih terbatas. Simpulan pelaksanakan evaluasi Kurikulum 2013 sudah dilaksanakan oleh guru namun belum semua terlaksana, kendala yang dialami oleh para guru dalam menguasai IPTEK, kesulitan dalam menghafal nama peserta didik, pemerintah harus sering mengadakan sosialisasi, workshop, pelatihan dan praktek langsung. Saran Pelaksanaan penilaian tetap dilaksanakan dengan format penilaian harus disederhanakan. Diadakan pelatihan khusus bagi para guru yang belum menguasai IPTEK. Mengadakan sosialisai, workshop, pelatihan, dan praktek langsung baik dari pemerintah maupun dari kegiatan sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Hasil Belajar, Kurikulum 2013
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: erni setyaningsih unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 00:13
Last Modified: 11 Nov 2015 00:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20916

Actions (login required)

View Item View Item