PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK, LINGKUNGAN KELUARGA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IIS SMA NEGERI 1 KEDUNGWUNI KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2014/2015


Indah Khoirul Nisa, 7101411034 (2015) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK, LINGKUNGAN KELUARGA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IIS SMA NEGERI 1 KEDUNGWUNI KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101411034-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pestasi belajar adalah hasil yang dicapai oleh peserta didik setelah menempuh kegiatan belajar yang lazimnya ditunjukkan dengan nilai tes atau angka yang diberikan oleh guru.. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuipengaruh kompetensi pedagogik, lingkungan keluarga dan minat belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi kelas X IIS SMA Negeri 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2014/2015.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IIS SMA Negeri 1 KedungwuniTahun Ajaran 2014/2015berjumlah 147siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu proportional random sampling. Kemudian sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 105 siswa.Metode yang digunakan dalam pengambilan data adalah angketdan dokumentasi. Data variabel dianalisis dengan statistik deskriptif persentase dan analisis regresi berganda.Dari nilai yang diperoleh prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa dalam kategori cukup, kompetensi pedagogikdalam kategori tinggi, lingkungan keluargadalam kategori cukup kondusifdan minat belajardalam kategori sangat tinggi. Hasil penelitian ini secara statistik menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kompetensi pedagogik, lingkungan keluarga, dan minat belajarterhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi kelas X IIS SMA Negeri 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2014/2015 (63%). Kompetensi pedagogikberpengaruh terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi kelas X IIS SMA Negeri 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2014/2015 (8,8%). Lingkungan keluargaberpengaruh terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi kelas X IIS SMA Negeri 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2014/2015(7,5%)dan sedangkan minat belajarberpengaruh terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi kelas X IIS SMA Negeri 1 Kedungwuni Kabupaten PekalonganTahun Ajaran 2014/2015 (52,1%).Disimpulkan bahwakompetensi pedagogik, lingkungan keluarga dan minat belajarberpengaruhterhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi kelas X IIS SMA Negeri 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2014/2015. Saran yang dapat diberikan adalah siswaharus mengetahui cara guru dalam mengevaluasi hasil belajar dan siswa harus lebih memahami cara orang tua mendidiknya serta siswa memberikan perhatian penuh terhadap pelajaran yang diberikan oleh guru sehingga siswa dapat memahami materi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi, Kompetensi Pedagogik, Lingkungan Keluarga, Minat Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 00:09
Last Modified: 11 Nov 2015 00:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20914

Actions (login required)

View Item View Item