IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH (STUDI KASUS DI SMA NEGERI 1 JUWANA) TAHUN AJARAN 2014/2015


Budi Riyanto, 3101411121 (2015) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH (STUDI KASUS DI SMA NEGERI 1 JUWANA) TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3101411121-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter merupakan penanaman kebiasaan tentang hal mana yang baik, sehingga peserta didik menjadi paham tentang mana yang benar dan salah, mampu merasakan nilai yang baik dan bisa melakukannya . Dengan adanya kurikulum 2013 yang mengatur tentang pendidikan karakter maka pendidikan karakter di sekolah wajib untuk dilaksanakan secara terstruktur dan nyata. Demikian juga dengan guru sejarah yang harus menerapkan pendidikan karakter pada pembelajaran sejarah. Penelitian ini mengungkap 1) Bagaimana tanggapan siswa di SMA Negeri 1 Juwana mengenai pelaksanaan pendidikan karakter melalui pembelajaran sejarah, 2) Bagaimana implementasi pendidikan karakter melalui pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Juwana, 3) Apa saja kendala yang dihadapi guru sejarah dalam implementasi pendidikan karakter melalui pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Juwana Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipatif , dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode analisis data kualitatif dengan desain studi kasus. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mampu menjelaskan pengertian dasar pendidikan karakter dan juga mampu menyebutkan nilai-nilai pendidikan karakter namun belum sepenuhnya memahami makna dari setiap nilai. Pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran sejarah sudah sesuai dengan perencanaan pembelajaran yang berorientasi pada pendidikan karakter, namun evaluasi sikapnya hanya mengacu pada keaktifan siswa, bekerjasama dan toleransi, sedangkan nilai karakter yang dominan pada pembelajaran sejarah belum tercantum pada aspek penilaian sikap. Dalam proses pembelajaran sejarah terdapat beberapa kendala yaitu: a) persiapan materi yang terkadang kurang matang; b) siswa terkadang belum paham model dan metode yang diterapkan oleh guru pada proses pembelajaran; c) pada saat proses pembelajaran terkadang ada hal yang tidak terduga, misalnya pengumuman dari sekolah, ada siswa yang sakit, dan lain-lain; d) pengaruh lingkungan dan pengaruh media massa/ media elektronik. Saran yang diajukan dalam penelitian ini sebagai berikut. 1) Guru diharapkan tidak hanya memberikan materi, tetapi mencontohkan sikap yang mencerminkan nilai-nilai pendidikan karakter. 2) Guru sejarah diharapkan tidak hanya menilai sikap aktif, kerjasama dan toleran, tapi perlu ditambah nilai karakter yang dominan dalam pembelajaran sejarah seperti semangat kebangsaan, cinta tanah air dan lain-lain, sehingga guru dapat mengetahui hasil dari pendidikan karakter yang diterapkan pada pembelajaran sejarah. 3) Untuk mengatasi masalah yang terjadi dalam implementasi pendidikan karakter melalui pembelajaran sejarah disarankan sebagai berikut. A) Guru diharapkan hafal materi supaya penerapan pendidikan karakter akan lebih maksimal. B) Model dan metode pembelajaran sebagai penanaman pendidikan karakter akan lebih mudah dipahami siswa jika langsung disertakan tujuannya, agar penanaman karakter dapat dilakukan secara maksimal dan siswa tidak hanya mengejar nilai saja. C) Dalam penyusunan RPP akan lebih baik jika guru sejarah menyiapkan jam cadangan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan selama proses pembelajaran, kalaupun tidak ada kendala jam cadangan tersebut bisa digunakan untuk pendalaman materi. D) Harus ada kerjasama atau komunikasi intensif antara guru dan orang tua untuk memantau perkembangan karakter siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Sejarah, Pendidikan Karakte
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: erni setyaningsih unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 00:07
Last Modified: 11 Nov 2015 00:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20913

Actions (login required)

View Item View Item