EVALUASI PROGRAM SEKOLAH HIJAU (GREEN SCHOOL) DI SMA NEGERI 7 PURWOREJO SEBAGAI PERSIAPAN MENUJU RINTISAN SWALIBA (SEKOLAH BERWAWASAN LINGKUNGAN DAN MITIGASI BENCANA)


Ary Windawati , 3201410103 (2015) EVALUASI PROGRAM SEKOLAH HIJAU (GREEN SCHOOL) DI SMA NEGERI 7 PURWOREJO SEBAGAI PERSIAPAN MENUJU RINTISAN SWALIBA (SEKOLAH BERWAWASAN LINGKUNGAN DAN MITIGASI BENCANA). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3201410103-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Munculnya istilah bahwa kebutuhan masyarakat Indonesia saat ini adalah menciptakan manusia yang tidak hanya berperilaku arif terhadap lingkungan, akan tetapi juga penciptaan individu yang bisa hidup berdampingan dengan bencana mendorong pembentukan suatu wadah pendidikan yang mampu menerapkan hal tersebut. Konsep lingkungan dan mitigasi bencana dituangkan melalui Sekolah Berwawasan Lingkungan dan Mitigasi Bencana di Seluruh Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kebijakan-kebijakan yang diterapkan oleh Pimpinan SMA Negeri 7 Purworejo kepada seluruh warga sekolah mengenai pelaksanaan Program Sekolah Hijau, 2) mengkaji tingkat keaktifan dan partisipasi guru dan siswa dalam pelaksanaan Program Sekolah Hijau, 3) mengkaji faktor- faktor yang menghambat pelaksanaan Program Sekolah Hijau di SMA Negeri 7 Purworejo, 4) mengevaluasi kondisi fisik sekolah yang sesuai dengan konsep SWALIBA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di SMA Negeri 7 Purworejo. Populasi penelitian ialah seluruh warga SMA Negeri 7 Purworejo, teknik pengambilan sampel menggunakan stratified proportional random sampling, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Sekolah Hijau telah terlaksana dengan baik sesuai dengan pedoman Adiwiyata. Warga sekolah sangat mendukung program Sekolah Hijau terukur dari tingkat partisipasi baik berupa tenaga, pikiran, keahlian, uang maupun barang. Tidak ada faktor penghambat yang berarti karena sekolah dapat mengatasinya. Sebagai persiapan sekolah dalam mengembangkan Program Sekolah Hijau menjadi SWALIBA, evaluasi kondisi fisik sekolah yang sesuai dengan konsep SWALIBA dilakukan pada indikator lingkungan hidup. Kesesuaian variabel-variabel indikator lingkungan sangat mendukung untuk dikembangkannya konsep SWALIBA di SMA Negeri 7 Purworejo.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Program Sekolah Hijau, Sekolah Berwawasan Lingkungan dan Mitigasi Bencana
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
Depositing User: muhammad farhan unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 00:08
Last Modified: 11 Nov 2015 00:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20912

Actions (login required)

View Item View Item