RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI SERTIPIKASI TANAH KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN KEBUMEN


Fitriani Eki Puspitasari, 5302410028 (2015) RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI SERTIPIKASI TANAH KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN KEBUMEN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5302410028-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat lunak Sistem Informasi Sertipikasi Tanah Berbasis Web Mengunakan PHP dan MySQL di Kantor Pertanahan Kabupaten Kebumen dan menguji kelayakannya. Sistem informasi ini telah diuji coba sehingga mampu mengolah data secara umum seperti data administrator, tata usaha, dan pemohon. Pada penelitian ini juga ditentukan tingkat kelayakan perangkat lunak yang telah dibuat dengan uji kelayakan sistem informasi di Kantor Pertanahan Kabupaten Kebumen. Metode penelitian yang digunakan adalah Model Sekuensial Linier atau sering disebut juga dengan siklus kehidupan klasik atau model air terjun yaitu model klasik yang bersifat sistematis, berurutan/ sekuensial dalam membangun software yang mulai pada tingkat dan kemajuan sistem pada seluruh analisis, desain, kode, pengujian, dan implementasi. Dalam menalisis sistem langkah yang dilakukan adalah studi pendahuluan, studi kelayakan, dan mengidentifikasi masalah di sistem lama agar dapat diperbaiki di sistem yang baru atau sistem yang akan dibangun. Tahap desain yaitu medefinisikan sebuah sistem dalam bentuk diagram alir (flowchart), Data Flow Diagram (DFD) dan basis data yang menggambarkan penjelasan isi database. Tahap kode adalah generasi kode dimana desain yang telah dibuat harus diterjemahkan ke dalam bentuk mesin yang bias dibaca. Pengujian sistem yang dilakukan adalah pengujian sistem pada user dan pengujian analisis sistem menggunakan metode PIECES. Dan tahap yang terakhir yaitu tahap implementasi yang merupakan tahap penyusunan program aplikasi untuk menarik kesimpulan. Responden uji coba ada 3 masyarakat Kabupaten Kebumen dan 7 petugas Kantor Pertanahan Kabupaten Kebumen. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, studi pustaka dan kuesioner. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif berupa skor dan presentase pada skala penilaian yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil analisis Sistem Informasi Sertipikasi Tanah yaitu beberapa aspek analisis PIECES sudah memperoleh hasil yang cukup baik. Salah satunya dapat dilihat dari hasil analisis kategori service, dimana presentase keseluruhan angket uji yang telah dibagikan, rata – rata masuk dalam range kategori “Sangat Mudah”. Presentase kelayakan memperoleh presentase sebesar 87.6%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sistem informasi memiliki kualitas baik dan sangat layak untuk proses pengolahan data sertipikasi tanah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Sertipikasi Tanah, Berbasis Web, PHP, SQL, Model Sekuensial Linier, Flowchart, DFD, PIECES .
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: risma nur unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 00:07
Last Modified: 11 Nov 2015 00:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20911

Actions (login required)

View Item View Item