PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLASH UNTUK MENDUKUNG MATERI POKOK JFET MULTISTAGE AMPLIFER PADA MODUL HBE-B3E ELECTRONIC CIRCUIT I


Dedy Khristiandi , 5302410038 (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLASH UNTUK MENDUKUNG MATERI POKOK JFET MULTISTAGE AMPLIFER PADA MODUL HBE-B3E ELECTRONIC CIRCUIT I. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5302410038-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan dalam proses pelaksanaan praktikum di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang menggunakan alat HBE-B3E materi pokok JFET Multistage Amplifier. Permasalahan yang ditemui adalah keterbatasan jumlah alat, resiko kerusakan alat dan kesulitan mahasiswa dalam memahami materi JFET Multistage Amplifier karena modul yang disajikan hanya sebatas pada pelaksanaan praktikum. Cara yang ditempuh untuk menyelesaikan masalah tersebut adalah melakukan pengembangan media pembelajaran berbasis flash, dengan tujuan memberikan proses pembelajaran yang sama namun alat yang digunakan lebih praktis dan dapat digunakan secara individu. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis flash yang interaktif dan mengetahui kelayakannya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan atau disebut Research and Development (R&D). Pengembangan media pembelajaran melalui tujuh tahapan, yaitu yaitu analisis kebutuhan, observasi dan wawancara, identifikasi kebutuhan, pengembangan produk, validasi, uji coba produk dan produk akhir. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan teknik observasi, wawancara, dan angket sebagai instrument penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif dengan ketentuan media pembelajaran minimal dalam kategori layak. Hasil penelitian ini meliputi media pembelajaran JFET Multistage Amplifier dan mahasiswa. Berdasarkan analisis hasil uji validasi oleh ahli materi diperoleh persentase sebesar 75%, maka termasuk dalam kategori layak. Analisis hasil uji validasi oleh ahli media diperoleh persentase sebesar 75%, maka termasuk dalam kategori layak. Hasil uji coba kepada mahasiswa, diperoleh persentase sebesar 82%, maka termasuk dalam kategori sangat layak. Secara keseluruhan, rata-rata nilai yang diperoleh dari uji validasi yang dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan mahasiswa adalah 77,33% yang termasuk dalam kategori layak. Berdasarkan dari hasil uji validasi tersebut, media pembelajaran JFET Multistage Amplifier berbasis flash yang dibuat dan dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran dan layak digunakan untuk menunjang proses pelaksnaan praktikum menggunakan alat HBE-B3E.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, JFET Multistage Amplifier, flash.
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: risma nur unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 00:02
Last Modified: 11 Nov 2015 00:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20907

Actions (login required)

View Item View Item