EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISKUSI KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA PADA POKOK BAHASAN SEJARAH PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA DI SMA NEGERI 11 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Achmad Mujib, 3101411115 (2015) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISKUSI KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA PADA POKOK BAHASAN SEJARAH PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA DI SMA NEGERI 11 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2016Kb)

    Abstract

    Permasalahan pendidikan pada era modern menimbulkan perkembangan model pembelajaran yang signifikan. Sala satu yang berkembang adalah model pembelajaran diskusi kelas. Melalui diskusi kelas materi pembelajaran dapat dipahami secara menyeluruh serta memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh peserta didik. Di samping itu, materi dapat diperkaya dengan berbagai sumber belajar termasuk multimedia yang mengharuskan baik siswa ataupun guru untuk mencari referensi-referensi tambahan. Hasil dari observasi awal mengenai proses pembelajaran, SMA Negeri 11 Semarang belum mengunakan model pembelajaran berbasis diskusi kelas padahal fasilitas untuk pengadaan model pembelajaran diskusi kelas sangat memadai seperti: perpustakaan, tingkat akademik siswa, tenaga pengajar, projector, computer dan sebagainya. Banyaknya keunggulan dari model pembelajaran diskusi kelas ini menyebabkan penulis tertarik untuk melakukan eksperimen metode pembelajaran ini di sekolah tersebut. Permasalahan dalam penelitian ini: (1) bagaimanakah penerapan model pembelajaran ceramah materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia: Peristiwa Rengasdengklok, Perumusan teks Proklamasi Indonesia, Pelaksanaan Proklamasi Indonesia pada siswa kelas XI IPA SMA N 11 Semarang?, (2) bagaimanakah penerapan diskusi kelas materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia: Peristiwa Rengasdengklok, Perumusan teks Proklamasi Indonesia, Pelaksanaan Proklamasi Indonesia pada siswa kelas XI IPA SMA N 11 Semarang?, (3) Bagaimana efektifitas pembelajaran sejarah dengan mengunakan model pembelajaran diskusi kelas materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia: Peristiwa Rengasdengklok, Perumusan teks Proklamasi Indonesia, Pelaksanaan Proklamasi Indonesia pada siswa kelas XI IPA SMA N 11 Semarang?. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 11 Semarang Tahun Ajaran 2015/2016, dengan jumlah 135 siswa yang terbagi 4 kelas, sampel penelitian ini diambil dengan teknik purposif sampling, kelas XI IPA 5 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI IPA 7 sebagai kelompok kontrol yang masing-masing terdiri dari 34 siswa. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design yaitu membandingkan hasil pretest dan postest yang telah diberikan kepada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, disampaikan bahwa kedua kelompok baik eksperimen dan kontrol mempunyai variansi dan rata-rata yang sama secara statistik. Setelah kelompok eksperimen diberi perlakuan, kedua kelompok diberi tes soal. Berdasarkan hasil tes pada kedua kelompok, diperoleh rata -rata nilai kelompok eksperimen adalah 85,29 dan kelompok kontrol adalah 70,59. Hasil pengujian kesamaan dua rata-rata data posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menggunakakn uji t diperoleh nilai thitung= 2,265>2,033 = ttabel. Dengan demikian rata-rata hasil belajar siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol berbeda secara signifikan. Berdasarkan penelitian ini diperoleh kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol karena diskusi kelas menjadikan siswa lebih termotivasi untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran di kelas. Hal ini dikarenakan dalam proses pembelajaran diskusi kelas, siswa dituntut aktif dan kritis dalam mencari sumber belajar sehingga memunculkan hal-hal sebagai berikut: (1) menimbulkan rasa kritis yang tinggi, (2) aktif dan rasa harga diri lebih tinggi, (3) percaya diri yang tinggi, (4) pemahaman yang lebih mendalam, (5) motivasi lebih besar, (6) hasil belajar lebih tinggi. Sutopo (2011:26-27) juga menyatakan model pembelajaran diskusi kelas memiliki keunggulan antara lain sebagai berikut: (1.) Diskusi melibatkan semua siswa secara langsung.(2).Setiap siswa dapat menguji tingkat pengetahuan dan penguasaan bahan pelajarannya masing-masing.(3).Diskusi dapat menumbuhkan dan mengembangkan cara berfikir siswa dan sikap ilmiah.(4).Dengan mengajukan dan mempertahankan pendapat dalam diskusi diharapkan para siswa akan dapat memperoleh kepercayaan akan kemampuan dirinya sendiri, dan(5).Diskusi dapat menunjang usaha-usaha pengembangan sikap social dan sikap demokratis para siswanya.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: efektivitas, diskusi kelas, proklamasi kemerdekaan Indonesia
    Subjects: L Education > LA History of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
    Depositing User: erni setyaningsih unnes
    Date Deposited: 10 Nov 2015 19:01
    Last Modified: 10 Nov 2015 19:01

    Actions (login required)

    View Item