PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH PADA MATERI HIDROSFER KELAS X SMA NEGERI 1 KEDUNGWUNI KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN 2013/2014


Maulana Magribi , 3201410099 (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH PADA MATERI HIDROSFER KELAS X SMA NEGERI 1 KEDUNGWUNI KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN 2013/2014. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3201410099-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Perkembangan di era globalisasi sekarang ini menuntut perkembangan juga di dunia pendidikan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia. Untuk dapat meningkatkan kualitas sumber daya tersebut perlu adanya peningkatan dalam dunia pendidikan. Salah satu yang harus diwujudkan dalam peningkatan dunia pendidikan adalah pengembangan media pembelajaran. SMA Negeri 1 Kedungwuni memiliki fasilitas lab komputer dan lcd yang mendukung penggunaan media pembelajaran digital sebagai salah satu inovasi. Namun Kegiatan pembelajaran geografi, pengajar atau guru masih menggunakan media cetak seperti LKS dan buku panduan serta metode ceramah. hal ini menyebabkan siswa merasa bosan saat pembelajaran berlangsung dan merasa tidak terlibat langsung dalam pembelajaran. Untuk meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran disekolah untuk itu perlu ada sebuah media yang mampu meningkatkan motivasi siswa untuk belajar didalam kelas. Pengembangan suatu media pembelajaran berbasis adobe flash diharpakan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran berbasis adobe flash. mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran berbasis adobe flash. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D), tahapan penelitian R&D meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk,uji coba pemakaian. Variabel penelitian ini: tingkat kelayakan, tanggapan siswa terhadap media pembelajaran dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan meliputi observasi, angket, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian media pembelajaran berbasis adobe flash dalam bentuk CD interaktif yang dikembangkan melalui tahapan penelitian R&D. Validasi oleh para ahli Menunjukan bahwa CD interaktif layak digunakan dalam pembelajaran dengan rata – rata skor sebesar 88,5%, dan validasi ahli materi menyatakan layak dengan persentase kelayakan sebesar 79%. Hasil tanggapan siswa sebagai pengguna media menilai sangat layak dengan persentase 90,1%. Hasil belajar kognitif siswa juga meningkat, sebelum menggunakan media nilai rata rata tes sebesar 62,35 dan setelah menggunakan media pembelajaran berbasis adobe flash menjadi sebesar 81,38. Simpulan penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis adobe flash dalam bentuk CD interaktif dinyatakan layak serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Artinya hasil belajar siswa pada materi pokok hidrosfer meningkat setelah menggunakan media pembelajaran berbasis adobe flash. Saran dalam penelitian ini adalah untuk pengembangan media pembelajaran diperlukan adanya kolaborasi

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, media pembelajaran interaktif, adobe flash
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
Depositing User: muhammad farhan unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 00:02
Last Modified: 11 Nov 2015 00:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20905

Actions (login required)

View Item View Item