PENGARUH PEMBELAJARAN EVERYONE IS TEACHER HERE DENGAN METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SUBAH TAHUN AJARAN 2014/2015


Sri Rejeki, 3101411113 (2015) PENGARUH PEMBELAJARAN EVERYONE IS TEACHER HERE DENGAN METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SUBAH TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3101411113-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di SMA N 1 Subah menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran, guru masih menggunakan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada guru dan belum menciptakan pembelajaran yang melibatkan partisipasi kelas yang besar, siswa masih kurang dalam hal kemampuan berpikir kritis, aktif, kreatif dimana hal tersebut dapat berdampak positif dalam meningkatkan hasil belajar. Dalam penelitian ini digunakan pembelajaran Everyone Is Teacher Here dan metode Mind Mapping. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) bagaimanakah penerapan penerapan pembelajaran Everyone Is Teacher Here dengan metode Mind Mapping pada pembelajaran sejarah siswa, (2) adakah pengaruh pembelajaran Everyone Is Teacher Here dengan metode Mind Mapping pada pembelajaran sejarah siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mendapatkan gambaran dari penerapan pembelajaran Everyone Is Teacher Here dengan metode Mind Mapping pada pembelajaran sejarah siswa, (2) mengetahui pengaruh pembelajaran Everyone Is Teacher Here dengan metode Mind Mapping pada pembelajaran sejarah siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA N 1 Subah Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 147 siswa. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan purposive sampling dan diperoleh kelas XI IPS 4 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes dan dokumen. Rancangan eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh rata-rata nilai post test kelas eksperimen yaitu 77,80 dan rata-rata kelas kontrol yaitu 71,08. Hasil uji hipotesis (uji t dan uji regresi sederhana) nilai post test diperoleh nilai signifikansi = 0,00 < taraf signifikansi = 0,05 yang berarti ada perbedaan hasil belajar sejarah kelas eksperimen dengan kelas kontrol, sedangkan uji regresi sederhana nilai signifikansi = 0,037 dengan taraf signifikansi = 0,05 karena taraf signifikansi < taraf signifikansi maka dapat disimpulkan Ha diterima yang berarti ada pengaruh pembelajaran Everone Is Teacher Here dengan metode Mind Mapping terhadap hasil belajar sejarah siswa. Koefisien determinasi = 0,689. Hal ini berarti 68,9% hasil belajar sejarah siswa dipengaruhi oleh pembelajaran Everone Is Teacher Here dengan metode Mind Mapping dan sisanya 31,1% dipengaruhi oleh faktor lain. Presentase ketuntasan hasil belajar klasikal kelas eksperimen yaitu 89,47% ≥ 75%, sedangkan persentase ketuntasan hasil belajar klasikal kelas kontrol mencapai 56,75% < 75%. Jadi dapat disimpulkan bahwa siswa yang diajar menggunakan pembelajaran Everyone Is Teacher Here dengan metode Mind Mapping telah mencapai ketuntasan hasil belajar klasikal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengaruh, hasil belajar, everyone is teacher here, mind mapping
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: erni setyaningsih unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 23:56
Last Modified: 10 Nov 2015 23:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20903

Actions (login required)

View Item View Item