PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MEMBILANG DAN MENGENAL HURUF-HURUF ALFABET UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS 1 SDLB N CENDONO KABUPATEN KUDUS


Dimas Ainur Hikmah, 5302410065 (2015) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MEMBILANG DAN MENGENAL HURUF-HURUF ALFABET UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS 1 SDLB N CENDONO KABUPATEN KUDUS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5302410065-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan dokumen wawancara dengan guru kelas 1C SDLB N Cendono Kabupaten Kudus, diketahui bahwa sebagian besar siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran dan siswa juga belummampu mengenal hurufhuruf alfabet dan hanya mampu membilang angka satu hingga dua.Melalui daftar nilai siswa yang diperoleh dari guru kelas, diketahui juga bahwa nilai rata-rata belajar siswa 54 pada mata pelajaran Matematikan dan 62 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.Penelitian ini bertujuan untukmenjelaskan hasil kelayakan media pembelajaran interaktif, meningkatkan keaktifan dan pemahaman siswa tunagrahita ringan kelas 1 SDLB N Cendono Kabupaten Kudus dalam pembelajaran membilang dan mengenal huruf-huruf alfabet melalui penggunaan media pembelajaran interaktif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus.Setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan.Subjek penelitian adalah guru dan siswa Kelas 1 SDLB N Cendono.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kelayakan media pembelajaran dari segi desainyang diperoleh melalui angket oleh evaluator pembelajaran mendapatkan perolehan skor rata-rata 54,67 dengan kategori “Sangat Layak”, dari segi isi dan penggunaan media pembelajaranyang dipeorleh dari angket oleh guru kelasmendapatkan skor rata-rata60 dengan kategori “Sangat Baik”. (2) Aktivitas belajar siswa melalui observasi memperoleh nilai 20,9 pada siklus I dengan kategori “Sangat Aktif” dan pada siklus II dengan nilai 21,6 dengan kategori “Sangat Aktif”. (3)Pemahaman siswa melalui observasi dan diskusi dengan guru kelas diperoleh nilai rata-sata sebesar 72 pada siklus I dan 80 pada siklus II.Simpulan penelitian ini adalah melalui penggunaan media pembelajaran interaktif dapat membantu meningkatkan keaktifan dan pemahamanan siswa tunagrahita ringan kelas 1 SDLB N Cendono Kabupaten Kudus dalam pembelajaran membilang dan mengenal huruf-huruf alfabet. Saran bagi guru adalah guru dapat lebih sering menggunakan media pembelajaran interaktif untuk membantu siswa tunagrahita ringan dalam proses belajar mengajar, baik dari segi keaktifan maupun pemahaman.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan, Pemahaman, Tunagrahita Ringan, Media Pembelajaran Interaktif, Membilang, Alfabet
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: risma nur unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 23:58
Last Modified: 10 Nov 2015 23:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20901

Actions (login required)

View Item View Item