MINAT SISWA SMA NEGERI 1 BATANG KELAS X TERHADAP MATA PELAJARAN SEJARAH DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PREZI BERBASIS VIDEO INTERAKTIF TAHUN AJARAN 2014/2015


Faiz Fakhruddin, 3101411107 (2015) MINAT SISWA SMA NEGERI 1 BATANG KELAS X TERHADAP MATA PELAJARAN SEJARAH DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PREZI BERBASIS VIDEO INTERAKTIF TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3101411107-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Minat belajar merupakan faktor psikologis yang mempengaruhi tingkat kemampuan siswa dalam belajar. Minat besar sekali pengaruhnya terhadap kegiatan seseorang sebab dengan minat ia akan melakukan sesuatu yang diminatinya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah : (1) bagaimanakah minat belajar sejarah siswa kelas X SMA Negeri 1 Batang (2) apakah pengaruh penggunaan media prezi berbasis video interaktif terhadap minat belajar sejarah siswa kelas X SMA Negeri 1 Batang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskripsi analisis. Informan dalam penelitian ini adalah guru sejarah dan siswa-siswi kelas X SMA Negeri 1 Batang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi lapangan, wawancara mendalam, serta studi dokumen. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi data. Data penelitian dianalisis dengan analisis interaktif, meliputi reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan serta verifikasinya. Berdasarkan hasil penelitian mengenai minat belajar sejarah siswa SMA Negeri 1 Batang, diketahui bahwa minat belajar siswa SMA Negri 1 Batang cenderung rendah. Minat belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Batang pada pelajaran sejarah dapat dikatakan rendah karena berdasarkan pengamatan peneliti banyak siswa yang kurang memperhatikan penjelasan dari guru. Siswa juga banyak yang melakukan kegiatan yang tidak berhubungan dengan pelajaran yang sedang berlangsung saat itu. Penggunaan media pembelajaran Prezi berbasis video interaktif dianggap dapat meningkatkan minat belajar siswa karena dinilai mampu menarik minat siswa dalam proses pembelajaran. Selain itu Prezi berbasis video interaktif juga memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran karena dapat memberikan gambaran secara langsung mengenai materi yang sedang disampaikan. Simpulan dari penelitian ini adalah minat belajar sejarah sejarah di SMA Negeri 1 Batang masih rendah, kemudian ketika media Prezi berbasis video interaktif digunakan, mampu memberikan pengaruh terhadap minat belajar siswa. Media ini dapat dijadikan salah satu alternatif pada pembelajaran sejarah karena dinilai lebih menarik, serta lebih inovatif dengan tampilannya yang unik tidak seperti media presentasi lain yang sudah biasa digunakan. Adanya video yang digunakan dalam Prezi juga membuat siswa lebih mudah untuk memahami pelajaran sejarah karena siswa dapat secara langsung melihat gambaran mengenai materi pelajaran yang sedang dijelaskan oleh guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar Siswa, Media Prezi Berbasis Video Interaktif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: erni setyaningsih unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 23:53
Last Modified: 10 Nov 2015 23:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20900

Actions (login required)

View Item View Item