ANALISIS KESULITAN MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNNES DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU


Mukhamad Fatkhul Mujib, 2302410053 (2015) ANALISIS KESULITAN MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNNES DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2302410053-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan kenyataan di lapangan dan teori tentang macam-macam pendekatan pembelajaran yang ditinjau dari segi materi pembelajaran salah satunya yaitu pendekatan tematik, peneliti menyimpulkan bahwa mulai tahun ajaran 2013/2014 prodi bahasa Jepang menerapkan pembelajaran tematik terpadu dalam proses perkuliahan semester 4, 5 dan 6. Pembelajaran tematik terpadu adalah pembelajaran yang menggunakan tema untuk mengintegrasikan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman belajar yang bermakna kepada peserta didik. Kegiatan pembelajaran akan berlangsung diseputar tema kemudian dibahas konsep-konsep pokok yang terkait dengan tema yang diusung. Perlu adanya evaluasi yang dilakukan dengan adanya model pembelajaran terpadu tersebut. Salah satunya dari evaluasi mahasiswa yaitu terkait kesulitan mahasiswa dalam penerapan pembelajaran tematik terpadu. Hal ini berdasarakan hasil studi pendahuluan yang dilakukan diketahui bahwa 20 mahasiswa dari 25 mahasiswa semester 5 tahun ajaran 2014/2015 masih mengalami beberapa kesulitan. Beberapa kesulitan yang dialami mahasiswa di antaranya yaitu dalam hal penggunaan bahan ajar, kemampuan dalam menerima materi, dan kesulitan dalam tahap evaluasi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi, angket, dan wawancara. Dokumentasi digunakan untuk memperoleh data mahasiswa yang akan dijadikan responden. Angket digunakan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab penurunan prestasi belajar mahasiswa. Wawancara digunakan untuk melengkapi data hasil angket. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif Prosentase dari data hasil angket. Berdasarkan hasil penelitian ada tiga prinsip dan satu aspek pembelajaran tematik terpadu yang belum tercapai dalam penerapannya di prodi pendidikan bahasa Jepang Unnes, sehingga menyebabkan kesulitan mahasiswa dalam penerapan pembelajaran tematik terpadu tersebut. Tiga prinsip tersebut yaitu, prinsip penggalian tema, prinsip evaluasi, dan prinsip reaksi. Selain itu satu aspek yang menyebabkan yaitu aspek peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Kesulitan, Pembelajaran Tematik Terpadu, Bahasa Jepang
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: sumarsono mahasiswa unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 23:55
Last Modified: 10 Nov 2015 23:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20898

Actions (login required)

View Item View Item