EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA BERBANTUAN MEDIA MODUL KOMIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KOMPETENSI DASAR MENYUSUN LAPORAN KEUANGAN KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 PATI
Fitria Nur Aini, 7101411015 (2015) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA BERBANTUAN MEDIA MODUL KOMIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KOMPETENSI DASAR MENYUSUN LAPORAN KEUANGAN KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 PATI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Keberhasilan proses pembelajaran di sekolah dapat dilihat dari hasil belajar yang diperoleh siswa. Datanilai harian siswa kelas XAKpada materi menyusun laporan keuanganmenunjukkan masih banyak yangbelum mencapai KKM. Hal ini menjadi salah satu indikasi bahwa materi menyusun laporan keuangan memerlukan model pembelajaran agar siswa lebih mudah memahami materi. Model PembelajaranTutor Sebayaberbantuan Media Modul Komik menjadi salah satu modelpembelajaran yang diharapkan dapatmeningkatkan hasil belajar siswadan lebih efektif daripada model konvensional yang keseharian digunakan dalam proses pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahuiPenggunaanModel Pembelajaran Tutor Sebaya berbantuan Media Modul Komikdapat meningkatkan hasil belajarakuntansidan hasil belajar akuntansi lebih efektif dibandingkan menggunakan model pembelajaran konvensional.Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment. Populasidalam penelitian iniadalah seluruh siswa kelas X AKdi SMK Negeri1 Patitahun pelajaran 2015/2016, yang terdiri dari 5kelas sebanyak 178siswa. Sampel penelitian diambil dengan tehnikclusterrandom samplingyang kemudian didapat kelas X IIS1sebagai kelas eksperimen dan X IIS 2 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yaitu dengan tes dan observasi. Pengujian H1 yaitu menggunakan uji paired sample t-tets danuji H2 menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar setelah perlakuan dengan model pembelajaran Tutor Sebayaberbantuan media Modul Komik dilihat dari rata-rata nilai pre-test yaitu 66,857dan post-testsebesar 79,238 pada kelas eksperimen. Selain itu menunjukkan bahwa hasil rata-rata nilai post-test kelas eksperimen sebesar 79,238lebih tinggi dibandingkanpost-testkelas kontrol sebesar 73,148. Hal ini terjadi karena dalam pembelajaran dikelas eksperimen lebih menekankan pada aktivitas diskusi kelompok dengan tutor sehingga siswa lebih aktif dalam pembelajaran.Saran dari peneliti diharapkan agar guru menerapkan model pembelajaran Tutor Sebaya berbantuanMedia Modul Komikkarena terbukti dapatmeningkatkan hasil belajar siswa kompetensidasar menyusun laporan keuanganyang dapat dilihat melalui peningkatan nilai kelas eksperimen yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sertadapat mempermudah siswa dalam memahami materi.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Tutor Sebaya, Modul Komik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | ahmad sanusi unnes |
Date Deposited: | 10 Nov 2015 23:48 |
Last Modified: | 10 Nov 2015 23:48 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20895 |
Actions (login required)
View Item |