PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESMENT, SATISFACTION) BERBANTUAN ECLIPSE CROSSWORD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI SISTEM JARINGAN KOMPUTER MATA PELAJARAN TIK PADA SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 32 SEMARANG


Basuki Rahmat , 5302410069 (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESMENT, SATISFACTION) BERBANTUAN ECLIPSE CROSSWORD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI SISTEM JARINGAN KOMPUTER MATA PELAJARAN TIK PADA SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 32 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5302410069-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pada pembelajaran TIK di SMP Negeri 32 Semarang khususnya kelas IX masih menggunakan model pembelajaran ekspositori dimana metode ceramah menjadi sangat dominan sehingga siswa kurang aktif dalam kegiatan belajar mengajar, hal ini juga berdampak pada nilai rata-rata hasil belajar siswa yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal yaitu 75. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui adakah peningkatan hasil belajar siswa kelas IX SMP Negeri 32 Semarang pada mata pelajaran TIK materi sistem jaringan komputer setelah menggunakan model pembelajaran ARIAS berbantuan Eclipse Crossword dan ntuk mengetahui bagaimana perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran ARIAS berbantuan Eclipse Crossword dan model pembelajaran ekspositori pada mata pelajaran TIK materi sistem jaringan komputer pada kelas IX di SMP Negeri 32 Semarang Penelitian ini adalah eksperimen, dengan jenis eksperimen kuasi (Quasi Experimental Design) dengan model desain Nonequivalent Control Group Design. yang terdiri dari kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 30 orang siswa kelas IX A sebagai kelompok eksperimen dan 30 orang siswa kelas IX D sebagai kelompok kontrol SMP N 32 Semarang. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pretest pada kelompok eksperimen adalah sebesar 53,90, sedangkan nilai rata-rata posttest adalah sebesar 78,78. Rata-rata nilai pretest pada kelompok kontrol adalah sebesar 52,97, sedangkan nilai rata-rata posttest adalah sebesar 70,52. Uji gain peningkatan hasil belajar kelas eksperimen sebesar 0,54 dengan interpretasi kategori peningkatan sedang. Pada uji gain peningkatan hasil belajar kelas kontrol sebesar 0,378 dengan interpretasi kategori peningkatan sedang. Disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran ARIAS berbantuan Eclipse Crossword dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran TIK materi sistem jaringan komputer kelas IX SMP Negeri 32 Semarang. Disarankan model pembelajaran ARIAS berbantuan Eclipse Crossword dapat diterapkan pada materi pembelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: ARIAS, Eclipse Crossword, ekspositori, hasil belajar.
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: risma nur unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 23:46
Last Modified: 10 Nov 2015 23:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20892

Actions (login required)

View Item View Item