iPENGARUH PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DAN KONSEP DIRI AKADEMIK TERHADAP KESIAPAN MAHASISWA MENJADI GURU(Studi Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi UniversitasNegeri Semarang Angkatan 2011)


Lisa Purwati, 7101411009 (2015) iPENGARUH PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DAN KONSEP DIRI AKADEMIK TERHADAP KESIAPAN MAHASISWA MENJADI GURU(Studi Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi UniversitasNegeri Semarang Angkatan 2011). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101411009-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kesiapan mahasiswa menjadi guru dipengaruhi oleh faktor internal maupun faktor eksternal. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan khususnya dalam hal bekerja antara lain: motivasi belajar, pengalaman praktik luar, bimbingan vokasional, latar belakang ekonomi orang tua,prestasibelajar sebelumnya, informasi pekerjaan dan ekspektasi masuk dunia kerja. Sedangkan untuk menjalankankemampuan profesionalnya, guru harus memiliki kompetensi kognitif,afektif dan psikomotoriknya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan dan Konsep Diri Akademik terhadap Kesiapan Mahasiswa Menjadi Guru secara parsial maupun simultan.Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan akuntansi angkatan 2011 yang berjumlah 178 mahasiswadansampel 119 mahasiswa ini diambil menggunakan proporsional random sampling perhitungan Isaac dan Michael. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Analisis data yang digunakan deskriptif statistik danstatistik inferensial. Pengolahandata menggunakan bantuan program IBM SPSS Sttistic 21.Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel terikat yaitu kesiapan mahasiswa menjadi guru (Y), variabel bebas yaitu Praktik Pengalaman Lapangan dan Konsep Diri Akademik.Secara Partial pengaruh positif dan signifikan praktik pengalaman lapangan terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru sebesar 20,52%, ada pengaruh positif dan signifikan konsep diri akademik terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru sebesar 16,65%. Sedangkan secara simultan pengaruh posotif dan signifikan praktik pengalaman lapangan dan konsep diri akademik terhadap kesiapan mahasiswa pendidikan akuntansi menjadi guru yaitu sebesar 51,5 %. Sedangkan sisanya 48,5% besarnya kesiapan mahasiswa menjadi guru dipengaruhi oleh variabel lain yang tidakditeliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh praktik pengalaman lapangan dan konsep diri akademik terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru. Saran kepada sekolah latihan hendaknya melibatkan mahasiwa dalambanyakkegiatan sekolah.Fakultas Ekonomi hendaknya berupaya semaksimal mungkin untuk mengembangkan pembelajaran mata kuliah keakuntasian dan mata kuliah kependidikan dengan menitikberatkan pada praktik mengajar.Bagi mahasiswa agarlebih meningkatkan keseriusan dalam meningkatkan konsep diri akademik dan kesiapan menjadi guru sebagai mahasiswa pendidikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesiapan, Praktik Pengalaman Lapangan, Konsep Diri Akademik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 23:45
Last Modified: 10 Nov 2015 23:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20891

Actions (login required)

View Item View Item