PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE BERBANTUAN MICROSOFT INTERACTIVE CLASSROOM PADA MATERI JARINGAN KOMPUTER MATA PELAJARAN KKPI


Muhammad Faza Ulin Nuha , 5302410074 (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE BERBANTUAN MICROSOFT INTERACTIVE CLASSROOM PADA MATERI JARINGAN KOMPUTER MATA PELAJARAN KKPI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5302410074-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kegiatan pembelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) di SMK Cut Nya’ Dien Semarang menggunakan model pembelajaran ekspositori. Berdasarkan pengamatan, pembelajaran tersebut cenderung membosankan sehingga menyebabkan siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran, akibatnya guru sering dihadapkan pada permasalahan hasil belajar siswa yang kurang memuaskan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada dan seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa terkait dengan penerapan model pembelajaran TPS berbantuan Microsoft Interactive Classroom, dan untuk mengetahui seberapa besar perbedaan hasil belajar antara kelas yang diterapkan model pembelajaran TPS berbantuan Microsoft Interactive Classroom dengan kelas yang diterapkan model pembelajaran ekspositori pada materi jaringan komputer mata pelajaran KKPI. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen, sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuasi dengan model desain Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara sampling purposive, maka siswa kelas XII Tata Niaga dipilih sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas XII Akuntansi dipilih sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi, observasi, dan tes. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan analisis aktivitas siswa, uji normalitas, uji homogenitas, uji t, dan uji gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 64.58 dan nilai rata-rata posttest adalah 80.84, ini berarti terjadi peningkatan nilai sebesar 16.26, sedangkan untuk kelompok kontrol nilai rata-rata pretest adalah 65.94 dan nilai rata-rata posttest adalah 74.06, ini berarti terjadi peningkatan nilai sebesar 8.12. Berdasarkan uji-t didapatkan thitung > ttabel, yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata aktivitas belajar siswa kelas eksperimen sebesar 88.75 dalam kategori tinggi. Berdasarkan paparan di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-PairShare (TPS) berbantuan Microsoft Interactive Classroom dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi jaringan komputer mata pelajaran KKPI kelas XII SMK Cut Nya’ Dien Semarang. Hendaknya model pembelajaran kooperatif tipe TPS berbantuan Microsoft Interactive Classroom dapat diterapkan pada materi pembelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Think-Pair-Share, Microsoft Interactive Classroom, hasil belajar.
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: risma nur unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 23:41
Last Modified: 10 Nov 2015 23:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20889

Actions (login required)

View Item View Item