Pengaruh Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas VII SMP N 1 Lebaksiu Tahun Ajaran 2014/ 2015


Muhammad Hanif Rafie, 3101411100 (2015) Pengaruh Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas VII SMP N 1 Lebaksiu Tahun Ajaran 2014/ 2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3101411100-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan adakah pengaruh yang signifikan pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan metode Mind Mapping terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lebaksiu. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh rata-rata nilai post test kelas eksperimen yaitu 81,66 dan rata-rata kelas kontrol yaitu 74,50. Hasil uji hipotesis (uji t dan uji regresi sederhana) nilai post test diperoleh nilai signifikansi = 0,00 < taraf signifikansi = 0,05 yang berarti ada perbedaan hasil belajar sejarah kelas eksperimen dengan kelas kontrol, sedangkan uji regresi sederhana nilai signifikansi = 0,02 dengan taraf signifikansi = 0,05 karena taraf signifikansi < taraf signifikansi maka dapat disimpulkan Ha diterima yang berarti ada pengaruh pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan metode Mind Mapping terhadap hasil belajar sejarah siswa. Koefisien determinasi = 0,244. Hal ini berarti 24,4% hasil belajar sejarah siswa dipengaruhi oleh pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan metode Mind Mapping dan sisanya 75,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Presentase ketuntasan hasil belajar klasikal kelas eksperimen yaitu 94,44% ≥ 75%, sedangkan persentase ketuntasan hasil belajar klasikal kelas kontrol mencapai 88,88% < 75%. Jadi dapat disimpulkan bahwa siswa yang diajar menggunakan pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan metode Mind Mapping telah mencapai ketuntasan hasil belajar klasikal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengaruh, hasil belajar, cooperative integrated reading and composition (CIRC), mind mapping
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: erni setyaningsih unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 23:45
Last Modified: 10 Nov 2015 23:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20887

Actions (login required)

View Item View Item