Pengaruh Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas VII SMP N 1 Lebaksiu Tahun Ajaran 2014/ 2015
Muhammad Hanif Rafie, 3101411100 (2015) Pengaruh Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas VII SMP N 1 Lebaksiu Tahun Ajaran 2014/ 2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan adakah pengaruh yang signifikan pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan metode Mind Mapping terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lebaksiu. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh rata-rata nilai post test kelas eksperimen yaitu 81,66 dan rata-rata kelas kontrol yaitu 74,50. Hasil uji hipotesis (uji t dan uji regresi sederhana) nilai post test diperoleh nilai signifikansi = 0,00 < taraf signifikansi = 0,05 yang berarti ada perbedaan hasil belajar sejarah kelas eksperimen dengan kelas kontrol, sedangkan uji regresi sederhana nilai signifikansi = 0,02 dengan taraf signifikansi = 0,05 karena taraf signifikansi < taraf signifikansi maka dapat disimpulkan Ha diterima yang berarti ada pengaruh pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan metode Mind Mapping terhadap hasil belajar sejarah siswa. Koefisien determinasi = 0,244. Hal ini berarti 24,4% hasil belajar sejarah siswa dipengaruhi oleh pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan metode Mind Mapping dan sisanya 75,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Presentase ketuntasan hasil belajar klasikal kelas eksperimen yaitu 94,44% ≥ 75%, sedangkan persentase ketuntasan hasil belajar klasikal kelas kontrol mencapai 88,88% < 75%. Jadi dapat disimpulkan bahwa siswa yang diajar menggunakan pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan metode Mind Mapping telah mencapai ketuntasan hasil belajar klasikal.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengaruh, hasil belajar, cooperative integrated reading and composition (CIRC), mind mapping |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | erni setyaningsih unnes |
Date Deposited: | 10 Nov 2015 23:45 |
Last Modified: | 10 Nov 2015 23:45 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20887 |
Actions (login required)
View Item |