PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN KKPI MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) BERBANTUAN MICROSOFT MOUSE MISCHIEF (STUDI KASUS KELAS XII SMK CUT NYA’ DIEN SEMARANG)


Adi Rahmat Basuki, 5302410075 (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN KKPI MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) BERBANTUAN MICROSOFT MOUSE MISCHIEF (STUDI KASUS KELAS XII SMK CUT NYA’ DIEN SEMARANG). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5302410075-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) yang dilakukan di SMK Cut Nya’ Dien khususnya kelas XII masih menggunakan model pembelajaran ekspositori dimana siswa yang mendapat pelajaran cenderung pasif dan kurang tertarik pada mata pelajaran tersebut. Hal itu sangat berdampak pada hasil belajar siswa kelas XII SMK Cut Nya’ Dien sehingga tergolong rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran KKPI siswa kelas XII SMK Cut Nya’ Dien Semarang terkait dengan penggunaan metode pembelajaran GI dan apakah terdapat perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran GI dengan model pembelajaran ekspositori pada mata pelajaran KKPI siswa kelas XII SMK Cut Nya’ Dien Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan populasi siswa kelas XII SMK Cut Nya’ Dien Semarang. Pemilihan sampel dengan cara simple random sampling, diperoleh siswa kelas XII Tata Busana sebagai kelas eksperimen dan kelas XII Administasi Perkantoran sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diajar dengan pembelajaran GI, sedangkan kelas kontrol diajar dengan pembelajaran ekspositori. Pengambilan data hasil belajar siswa diperoleh dengan menggunakan metode pretest dan posttest. Hasil analisis data menunjukkan nilai rata-rata pretest untuk kelas eksperimen 68,82 kemudian setelah mendapat perlakuan meningkat menjadi 81,36 yang berarti terjadi peningkatan 12,54 (18,2%) dan untuk kelas kontrol nilai rata-rata pretest 69,27 kemudian setelah mendapat perlakuan meningkat menjadi 74,80 yang berarti mengalami peningkatan sebesar 5,53 (8,0%). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran KKPI. Hasil dari pembandingan antara dua model pembelajaran, terdapat perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran GI dengan model pembelajaran ekspositori pada mata pelajaran KKPI kelas XII SMK Cut Nya’ Dien Semarang. Untuk itu disarankan pada semua guru yang mengajar di SMK Cut Nya’ Dien Semarang dapat menggunakan model pembelajaran GI ini untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Group Investigation, Microsoft Mouse Mischief, Hasil Belajar.
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: risma nur unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 23:36
Last Modified: 10 Nov 2015 23:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20885

Actions (login required)

View Item View Item