MUATAN MATERI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH INDONESIA PADA KURIKULUM 2013 (STUDI KASUS DI SMA NEGERI 01 KEDUNGWUNI)


Novia Nur Syamsiyah Uula, 3101411099 (2015) MUATAN MATERI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH INDONESIA PADA KURIKULUM 2013 (STUDI KASUS DI SMA NEGERI 01 KEDUNGWUNI). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3101411099-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang (1) Muatan materi pendidikan karakter dalam materi pembelajaran sejarah Indonesia pada Kurikulum 2013 di SMA Negeri 01 Kedungwuni Kab. Pekalongan; (2) Kegiatan pembelajaran mata pelajaran sejarah Indonesia pada Kurikulum 2013 di SMA Negeri 01 Kedungwuni; (3) Penilaian yang dilakukan guru sejarah dalam pembelajaran sejarah Indonesia di SMA Negeri 01 Kedungwuni Kab. Pekalongan yang memuat pendidikan karakter. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 01 Kedungwuni Kab. Pekalongan dengan menggunakan metode kualitatif dengan studi kasus tunggal terpancang. Sumber data terdiri atas informan (guru-guru Sejarah, peserta didik, wakil kepala sekolah, dan kepala sekolah), dokumen (silabus dan RPP) serta tempat dan peristiwa (kelas dan kegiatan pembelajaran). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam dan analisis dokumen. Penggunaan teknik sampling yakni dengan purposive sampling. Validitas data menggunakan; (1) Ketekunan pengamatan; (2) Triangulasi (triangulasi sumber dan triangulasi metode); (3) Pemeriksaan teman sejawat. Analisis data menggunakan analisis interaktif dengan tiga tahapan analisis, yakni reduksi data, peyajian data dan penarikan simpulan/verifikasi. Hasil penelitian: (1) Muatan materi pendidikan karakter seperti nasionalisme, rela berkorban, pantang menyerah, demokrasi dan cinta tanah air tersirat dalam materi pembelajaran sejarah Indonesia; (2) kegiatan pembelajaran sejarah Indonesia yang memuat pendidikan karakter dilakukan dengan menyisipkan nilai karakter dalam kegiatan pembelajaran. Salah satunya, pada saat diskusi guru menanamkan sikap kerja sama dan tanggungjawab; (3) Penilain yang dilakukan guru dalam pembelajaran sejarah Indonesia yang memuat pendidikan karakter baru mengarah pada kognitif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Materi pembelajaran, pendidikan karakter, pembelajaran sejarah Indonesia
Subjects: L Education > LA History of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: erni setyaningsih unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 23:35
Last Modified: 10 Nov 2015 23:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20884

Actions (login required)

View Item View Item